"Sosok" Hitam Tertangkap Kamera Yang Bikin Penasaran

Pada tanggal 3 April 2011 jam 16.22 WIB dari arah barat Kota Padang cahaya sunset menerpa ruang kerja saya, dan tiba-tiba saya ingin mengabadikannya. Alahasil tiga jepretan dari kamera BB sempat saya ambil. 

Tiga hari kemudian , saya lihat lagi foto-foto sunset itu dan tidak ada yang aneh. Dari dua tiga foto, ada bias cahaya pada foto itu. Bias cahaya itu sepertinya pantulan cahaya camera terkena sinar matahari sore dan hanya foto yang boleh dibilang bersih. Lalu apa yang aneh dan bikin penasaran ? Perhatikan gambar (1), sepertinya tidak ada yang aneh. 

tertangtangkap kamera
Gambar 1
Satu foto sunset yang cukup bersih ingin saya posting ke blog, lalu foto-foto itu saya pindahkan ke laptop. Di “layar” monitor laptop, sejauh ini tidak ada yang bikin penasaran, coba saja lihat gambar (gambar 1) di atas. Hanya saja, saya agak terganggu dengan seberkas noda yang menempel dimonitor. Lalu saya ambil tisu dan saya bersihkan. Nodanya tidak hilang, dan saya coba menggarutnya dengan jari tangan, juga tidak hilang. Ketika foto digerakkan ke atas, lho….noda hitamnya kenapa ikut bergerak. Ternyata yang tadinya saya sangka noda dimonitor, bukan rupanya. Saya mulai penasaran titik hitam dilangit bersih yang ada di foto sunset yang saya ambil sore itu apa ? Lalu saya zoom, saya mulai berfikir apa gerangan kumpulan hitam di foto sunset itu seperti terlihat.

sosok hitam
Gambar 2
Setelah saya zoom , hasilnya jika dikatakan kumpuran awan hitam bukan karena langit bersih (lihat foto di atas). Dikatakan seekor burung yang melintas, selain dari jaraknya jauh dan ukurannya dibanding pohon kelapa sepertinya juga bukan burung. Kemudian jika dikatakan layangan atau pesawat yang melintas tampaknya juga bukan . Lalu apa ? 

Kumparan hitam itu saya zoom maksimal dan hasilnya seperti terlihat pada gambar dibawah ? Saya semakin penasaran, dari bentuknya ketika di zoom penuh, selain warna tampak kontras dengan warna langit dan bentuk tidak bisa saya apa. Tapi kalau di zoom 75 % bentuknya jelas. Tapi sekali lagi…saya tidak tahu apa gerangan kumpuran kecil yang tertangkap kamera BB saya pada saat mengemabil sunset sore itu. Mungkin tidak perlu dipikirkan, tapi saya masih penasaran, apalagi jika saya banding dengan waktu pengambilan dua foto sebelumnya yang jaraknya hanya hitungan detik. (dh-byt***)