Top Site 1.000.000 Website/Blog Versi Alexa Mei 2012

Dunia Hukum – Kali ini saya tidak bicara soal dunia hukum, tetapi bicara soal dunia Informasi Teknologi (IT) dalam artian non teknis karena saya tidak paham soal teknis dunia IT.  Meskipun dua dunia yang berbeda, tetapi dunia hukum  sebagaimana juga  bidang lainnya  mengambil manfaat  dari perkembangan dunia IT. Dari berbagai sumber saat ini di dunia ada sekitar 350 juta website  yang memfokuskan dirinya dalam berbagai bidang, keperluan dan layanan. Bahkan ada juga yang mengatakan jumlah website dunia saat ini lebih kurang 1 triliyun.  Jumlah website yang sudah ratusan juta itu  akan terus berkembang dan meningkat karena tiap hari muncul ratusan bahkan ribuan situs-situs baru. Website/Blog apa saja yang masuk dalam 1 juta top site versi alexa per 30 Mei 2012 ?

Salah satu aspek penting dari ratusan juta jumlah website itu adalah terkait eksistensinya dan biasanya diukur dengan peringkat dari masing-masing website bersangkutan. Ada banyak situs atau website  yang menfokuskan diri pada pemberian peringkat website dengan standard tertentu dan salah satunya adalah alexa.  Dalam dunia website,  peringkat website yang diberikat alexa sepertinya masih menjadi acuan dari berbagai pengguna jasa “dunia maya” dengan segenap tujuannya dan kemanfaatan yang ingin dicapai.

Dari berbagai pandangan  terkait soal peringkat sebuah website, setidaknya bisa dimengerti mengapa banyak para pengelola/pemilik website berupaya melakukan optimalisasi website mereka untuk mencapai peringkat website yang lebih baik. Dalam hubungan ini, peringkat sebuah website menyiratkan banyak hal , bahkan bagi para pengiklan produk barang/jasa, peringkat sebuah website menjadi hal pertama perhatian mereka sebelum beriklan. Di sisi lain peringkat yang diberikan kepada sebuah website, bagi pemilik website sekaligus menjadi bahan bagi mereka atas hasil kerja mereka membangun website, apakah bermanfaat atau tidak. Karena peran penting dari peringkat website itu tidak sedikit pula yang melakukan berbagai cara, namun seperti  dikatakan para ahlinya dunia website,  usaha yang paling utama dan menentukan konten dari website itu sendiri.

Memang peringkat sebuah menjadi sangat penting bagi sebuah website, karena ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebuah website untuk mencapai suatu peringkat tertentu sebagaimana halnya dengan pemeringkatan  website yang dilakukan alexa. Salah satu hal yang menentukan peringkat website adalah kunjungan. Sebuah website tanpa pengunjung “ibarat main bola tanpa penonton” atau ada yang kurang rasanya bila sebuah website minim pengnjung. Jadi pengunjung itu bagi sebuah website adalah sebuah energi dan sekaligus sebagai ukuran apakah website itu eksis atau tidak, dan pendek kata ada banyak hal yang bisa diperbincangkan antara sebuah website dalam kaitan dengan pengunjung.

Dalam kaitan dengan peringkat website itu , maka dari ratusan juta website di dunia, maka 1.000.000 (satu juta)  top site seluruh dunia menurut alexa per tanggal 30 Mei 2012  peringkat 1 ditempati  google.com dan peringkat 1.000.000 ditempati 101airborneww2.com. Sementara blog DuniaHukumboyyendratamin.com” ini berada pada peringkat 430.798.  Meskipun demikian data peringkat yang ditampilkan alexa pada situsnya berbeda, misalnya dalam site info alexa hari ini (30 Mei 2012) peringkat untuk boyyendratamin.blogspot.com  adalah 596.990 dunia dan peringkat Indonesia 6.287 sementara dalam data top 1 juta top site yang dibuat alexa  blog “Dunia Hukum” (boyyendratamin.blogspot.com) berada pada peringkat 430.798. Perbedaan data itu tentu pihak alexa yang tahu, tetapi data yang ditampilkan pada site info alexa biasanya memang dimunculkan setelah data harian terkumpul (mudah-mudahan saya tidak salah memahami). 

Anda ingin tahu 1.000.000 top sites dunia dari ratusan juta website di dunia yang dibuat alexa dan di update tiap hari, bisa anda temukan di situs alexa. * catatan: Beyete

Artikel Terkait