Banjir Padang Disebabkan Siklon Vicente



VIVAnews - Banjir bandang di Padang, Sumatera Barat, yang terjadi secara tiba-tiba begitu mengejutkan. Kejadian yang berlangsung tak berapa lama usai buka puasa Selasa malam, 24 Juli 2012 itu, merendam ratusan rumah. Apa penyebab banjir bandang di Padang?

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan hasil analisa sementara menyebut bahwa banjir bandang ini disebabkan beberapa hal. 

"Banjir bandang diakibatkan hujan deras selama 3 jam. Ditambah meningkatnya debit air pada hulu sungai Lubuk Kilangan dan hulu sungai Batang Kuranji," kata Sutopo kepada VIVAnews. 
Banjir bandang Padang
Banjir bandang padang, Foto Antara I Sumber Vivanews.com

Ada dugaan penyebab lain yang mengakibatkan terciptanya banjir terburuk dalam beberapa tahun terakhir ini. Menurut Sutopo, fenomena hujan deras di Padang terjadi di beberapa daerah. Terutama di utara ekuator Indonesia.

"Ini juga dipengaruhi Siklon Tropis Vicente yang ada di Laut China Selatan, sekitar 21.1LU, 114.2BT atau sekitar 2010 km sebelah utara timur laut Natuna," kata dia.

Lalu apa dampak dari siklon tropis Vicente ini? Dampaknya antara lain, hujan dengan intensitas ringan-sedang-tinggi di wilayah Sumatera bagian utara dan barat.

Siklon ini juga menciptakan gelombang air laut dengan ketinggian 3 sampai 4 meter berpeluang terjadi di Perairan Sabang, Banda Aceh, Perairan Utara Aceh. Bahkan bisa menciptakan gelombang air laut dengan ketinggian 4 sampai 5 meter. "Gelombang ini berpeluang terjadi di Laut China Selatan bagian Utara," kata Sutopo.

Sumber:nasional.news.viva.co.id/news/read/338499-banjir-padang-disebabkan-siklon-vicente