Pesona Alam Sawah Parik Potensi Wisata Nagari Tanjung Alam

Di berbagai kawasan Sumatera Barat selalu saja ada pesona alam  yang mengagumkan.  Ketika melintas sepanjang jalan  yang dilalui di berbagai daerah  Sumatera Barat selalu saja terdapat keindahan alam, apalagi ketika melintasi daerah perbukitan yang berpadu dengan daerah dataran  ditemukan banyak lokasi-lokasi yang mengundang  kita berhenti untuk menikmatinya.  

Ponorama alam yang elok itu sebagian besar memang belum digarap sebagai kawasan wisata, akan tetapi dimasa datang  akan menjadi sebuah kawasan wisata yang ramai dikunjungi. Salah satu potensi wisata pesona alam itu adalah sebuah kawasan pesona alam di Jorong Sawah Parik Kenagarian Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar.  Jika Panorama Alam Tabek Patah sudah dikenal para wisatawan, kawasan pesona alam Sawah Parik letaknya tidak jauh dari Panorama Tabek Patah atau hanya beberapa ratus meter saja dari simpang Baso  menuju  Tanjung Alam. Ketika anda melintasi Jalan raya menuju Tanjung Alam dari simpang Baso, kita akan menemukan beberapa titik pesona alam sepanjang alam dan salah satunya adalah pesona alam Sawah Parik.


Cukup berhenti dipinggir jalan yang dilintasi, maka ketika cuaca bagus dan langit bersih, dari pinggi jalan dipinggir perbukitan arah ke Timur akan terlihat bentangan pesona alam yang luar biasa. Menukikan pandangan ke bawah akan terlihat susunan persawahan dan kebun dengan pohon hijaunya. Saat yang sama ketika udara sejuk menerpa dilayangkan pandangan mata dikejauhan akan terlihat bukit-bukit berlapis dengan ragam warna. Cerita seorang penduduk yang mendirikan warung kecil di kawasan pesona alam Sawah Parik, pada pagi hari saat udara bersih dari lapisan-lapisan perbukitan itu terlihat seperti sebuah danau keemasan yang matahari pagi memancarkan sinarnya.  Si pemilik warung menceritakan selalu saja ada orang yang mampir di warungnya untuk sekedar minum kopi seraya menikmati pemandangan alam yang elok. 
Pesona Alam Sawah Parik Tanjung Alam (1) Foto:Beyete

Alam Sawah Parik
Pesona Alam Sawah Parik Tanjung Alam (2) Foto:Beyete
Meskipun kawasan pesona alam Sawah Parik  Kenagarian Tanjung Alam belum ditetapkan sebagai kawasan wisata, tetapi dilihat dari pesona alamnya, lokasi pesona Alam Sawah Parik memliki potensi untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata sebagaimana halnya dengan Panorama Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kab. Tanah Datar. Anda tertarik, ingat saja ketika anda melintas jalan Baso Piladang pasti pesona alam Sawah Parik anda temukan. *** Ditulis oleh: Boy Yendra Tamin.

Artikel Terkait