Mengais Rezeki Dikemiringan Tebing 90 Derajat Demi Kebutuhan Hidup

Melakukan pekerjaan penuh resiko misalnya tubuh bisa celaka dan bahkan bisa jadi  nyawa jadi taruhannya sepertinya dilakoni banyak orang di berbagai tempat demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Hasil yang diperoleh dari pekerjaan penuh resiko itu terkadang hanya cukup untuk makan , tetapi  ada kalanya seseorang tidak punya pilihan. Apalagi ditengah-tengah sulitnya mendapat pekerjaan yang lebih baik yang  bisa jadi disebabkan berbagai faktor. 


Pada gambar  terlihat seseorang tengah melakukan pekerjaan penuh resiko, mengais-ngais pasir putih pada sebuah dinding tebing yang cukup tinggi dengan kemiringan hampir  90 derajat. Pekerja itu tampak mengikis tebing  diketinggian puluhan meter tanpa alat pengaman, sementara tanah dinding tebing yang dikikis langsung disambut truk di bawahnya. Selain resiko jatuh , selalu ada kemungkinan dinding tebing longsor. Namun seperti dikemukakan sebelumnya, desakan kehidupan  memang  terkadang memaksa kita melakukan suatu pekerjaan penuh resiko meskipun dengan hasil tidak seberapa. 
Pekerjaan Penuh Resiko
Mengais Rezeki di  terjal teping tinggi
Pemandangan seperti terlihat digambar di atas diambil  suatu tempat yang sering dijadikan tempat pengambilan “tanah garam”  beberapa waktu lalu di  Jalan Raya Mangopoh Simpang Embat Pasaman Barat sebelum Batang (sungai) Masang. Kegiatan serupa itu mungkin dijumpai juga di daerah-daerah lain dan menjadi pemandangan tersendiri dalam sebuah perjalanan. (Catatan perjalanan Boy Yendra Tamin)