Indeks Artikel Blog Hilang di Search Engine Belum Tentu Terkena Banned

Beberapa waktu yang lalu seluruh isi (halaman) blog “dunia hukum” ini tiba-tiba menghilang seluruhnya dari mesin pencari Google.  Sedih, galau dan was-was bercampur baur. Betapa tidak, blog yang sudah dibangun 2 tahun dari belajar otodidak, tiba-tiba  tidak satu pun artikel blog ini ditemukan dalam  mesin pencari Google. Padahal sebelumnya seluruh postingan terindek di mesin pencari google, bahkan url blog ini pun tidak ditemukan dalam mesin pencari google.

Indeks Artikel BlogRasa khawatir sedikit berkurang,  kareba di mesin pencari lain seperti yahoo masih ada dan masih bisa ditemukan. Kesimpulan sementaranya tentu blog ini bermasalah atau dianggap bermasalah oleh Mbah google, blog ini kemudian mungkin deindeks. Setelah mencari info kian kemari, ada banyak jawaban yang ditemukan  mulai dari yang meberi harapan sampai yang paling menakutkan. Antaranya,  blog yang mengalami masalah seperti blog ini katanya kena banned. oleh Mbah google dan butuhkan waktu lama dan  trik untuk mengembalikannnya. Walahh…bagaimana caranya, buat blog saja baru belajar. Ada juga yang mengemukakan hal itu terjadi karena terlalu berlebihan melakukan optimaliasi mendapatkan backlink untuk meraih agar blog cepat pupuler.  Rasanya  untuk yang terakhir ini jelas tidak  dan yang teringat saat sebelum seluruh haman blog ini tidak terindek mesin pencari google, blog ini  baru saja melkukan penghapusan urul  dari tag judul duplikat. Itu pun setelah memnaca sebuah artkel cara menghilangkan duplikat tag judul. Jangan-jangan itu penyebabnya !

Kejadian itu tidak satupun halaman blog ini teridek di mesin pencari google benar-benar membuat pasrah, karena ada ratusan artikel di blog dunia hukum ini yang tidak dibuatkan backup-nya. Setelah beberapa cara dan info yang didapat atas persoalan ideks blog menghilang dari  Mbah Google, tidak ada jawaban yang memuaskan dan akhirnya  mencoba melaporkan ke Mbahk google persoalan tidak terindeknya blog dunia hukum ini. Setidaknya ingin tahu, apakah benar kena banned seperti info yang di dapat dari berbagai sejawat bloger.

Selang dua hari kemudian, di saat rasa pasrah kian dalam dan berencana membangun blog baru lagi, iseng  mengitikan kata kunci yang biasa di pakai, eeee ternyata blog ini terideks kembali di mesin pencari google. Wah senang tentu….jtapi ada apa ya sebelumnya ketika seluruh isi blog ini tidak terindek di mesin pencari goggle, bahkan url utama blog ini pun tidak ditemukan.

Beberapa hari kemudian setelah isi blog ini kembali terindeks seluruhnya di mbah google, ketika membuka webmaster ada pesan ..rupayanya dari Mbah Google atas pengaduan  admin blog ini beberapa hari sebelumnnya sehubungan tidak terindeknya (hilang) dari mesin pencari Mbah google. Apa jawabannya ?  Pesan Mbah Google itu utuhnya seperti ini:
Dear site owner or webmaster of http://boyyendratamin.blogspot.com/,We received a request from a site owner to reconsider http://boyyendratamin.blogspot.com/ for compliance with Google's Webmaster Guidelines.We reviewed your site and found no manual actions by the webspam team that might affect your site's ranking in Google. There's no need to file a reconsideration request for your site, because any ranking issues you may be experiencing are not related to a manual action taken by the webspam team. Of course, there may be other issues with your site that affect your site's ranking. Google's computers determine the order of our search results using a series of formulas known as algorithms. We make hundreds of changes to our search algorithms each year, and we employ more than 200 different signals when ranking pages. As our algorithms change and as the web (including your site) changes, some fluctuation in ranking can happen as we make updates to present the best results to our users. If you've experienced a change in ranking which you suspect may be more than a simple algorithm change, there are other things you may want to investigate as possible causes, such as a major change to your site's content, content management system, or server architecture. For example, a site may not rank well if your server stops serving pages to Googlebot, or if you've changed the URLs for a large portion of your site's pages. This article has a list of other potential reasons your site may not be doing well in search. If you're still unable to resolve your issue, please see our Webmaster Help Forum for support. Sincerely,Google Search Quality Team
Ternyata ketika ada kejadian artikel blog kita menghilang seluruhnya dari indeks mesin pencari goggle TIDAK SELAMANYA ATAU CEPAT-CEPAT DISIMPULKAN SEBAGAI KENA BANNED.  Surat Mbah Google itu pada pokoknya menjelaskan, bahwa  Mbah Google tidak menemukan tindakan spam pada blog ini. Bahkan Mbah google menegaskan, setiap masalah terkait dengan peringkat /indek blog kita tidak perlu mengajukan permohonan peninjauan, karena Mbah google akan member tahu dan ada banyak alasan yang mungkin menjadi penyebab hilannya idenk blog kita dari mesin pencari google, tetapi tidak bisa vonis lansung sebagai kena banned.  Coba deh dibaca surat Mbah gooogle di atas, mungkin ada manfaatkannya bagi rekan bloger ketika mengalami ideks blog tiba-tiba menghilang dari mesin pencari google. Apa yang ditulis ini tentu saja jauh dari bahasa  rekan bloger yang  ahli dibidangnya dan tulisan ini hanya sebuah pengalaman dari seorang yang belajar ngeblog. Maaf kalau tidak sepenuhnya benar dan ada yang kurang pas. *