Kiat dan Tips Menggunakan Kamera Foto dan Video Mengabadikan Momen dan Peristiwa Penting

Dalam berbagai kesempatan hampir setiap orangn ingin mengabadikan suatu peristiwa atau moment dalam bentuk foto  atau  video. Pada masa dulu mungkin untuk mengabadikan sebuah peristiwa bukanlah hal yang mudah, karena tidak semua orang memiliki alat seperti kamera apalagi video.  Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memiliki kamera  dan itu pun dengan teknologi yang masih sederhana.

Tetapi sejalan dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi digital,  dunia foto dan video terus berkembangan pesat, misalnya kamera foto Canon EOS dan fasilitas kamera Blackberry, Hand  Phone (HP) dan lain-lainnya.. Dengan berbagai produk elektronik dengan dukungan teknologi, setiap orang bisa mengabadikan momen-momen penting atau peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekeliling mereka dengan mudah. Lain dulu, untuk bisa mendokumentasikan sebuah peristiwa orang harus memanggil juru foto  atau penyedia jasa video, tetapi saat ini berbagai peralatan elektronik yang dilengkapi kamera foto dan video, mulai dari HP sampai laptop, gadget dan sebagainya. Bahkan  HP dengan harga relative murah pun dilengkapi dengan kamera dan video.

Pendek kata, dengan kemajuan teknologi soal mengabadikan sebuah peristiwa atau momen-momen aktivitas pribadi maupun yang terjadi dikelilingi kita , saat ini bukanlah hal yang sulit. Namun dibalik kemudahan itu hendaklah berhati-hati menggunakan atau mengabadikan sebuah momen, khususnya momen yang sangat pribadi. Kecerobohan menyimpan hasil  rekaman momen-momen pribadi itu bisa berakibat fatal bagi diri sendiri dan disisi lain bisa disalahgunakan orang lain untuk tujuan yang tidak diinginkan..  

Kerentanan atas dokumen-dokumen pribadi bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya menyimpan hasil rekaman dokumentasi pribadi itu disimpan dalam file pada Hand Phone (HP) atau file digital lainnya yang ditaruh di sembarang tempat bisa mencelakakan diri sendiri. Ada banyak contoh untuk kasus-kasus seperti itu,  yang tentu juga akan berurusan dengan hukum bila dokumen-dokumen  berisi hal-hal yang tidak patut atau pantas menjadi konsumsi publik.

Kamera foto
Karena itu  perlu menjadi perhatian, bahwa dibalik kemudahan alat untuk mengabdikan momen-momen atau peristiwa di sekeliling kita atas dukungan kemajuan teknlogi, maka perlu diingat sebaiknya jangan membuat atau mendokumentasikan  hal-hal yang sangat pribadi dan tidak pantas atau tidak seharusnya diabadikan apalagi untuk i konsumsi orang lain. Apa pun alasannya, mengabadikan aktivitas yang sangat pribadi dengan  tersedianya alat perekam dalam berbagai bentuk dan mudah digunakan,  suatu saat bisa mencelakakan diri sendiri dan tentu saja bisa berusan dengan hukum. dan secara sosial mungkin lebih berat lagi. (dh-1)