Pesona Hijaunya Alam Persawahan di Kampus II Universitas Bung Hatta di Air Pacah

Lingkungan yang asri dan tersedianya ruang terbuka hijau adalah sisi yang mahal di kota-kota besar yang cenderung dipenuhi tembok-tembok bangunan atau gedung-gedung bertingkat. Kebutuhan lingkungan yang asri dan ruang terbuka hijau  dalam banyak kajian ahli tata ruang merupakan lingkungan yang cocok untuk lingkungan pendidikan. Karena itu sejumlah perguruan tinggi terkemuka cenderung memperhitungkan dan mementingkan penataan ruang  lingkungan kampus mereka akan ruang terbuka hijau dan bahkan mempertimbangkan aspek pemandangan alam yang elok, sehingga menjadi penunjang proses belajar menjadi lebih baik. Tersedianya ruang terbuka hijau dan pemandangan alam yang elok secara phiskologis turut mempengaruhi suasana hati dan pikiran manusia, apalagi dalam kaitanya dengan proses belajar mengajar.


Lingkungan kampus yang asri dan tersedianya pemandangan alam yang elok, juga menjadi pertimbangan Universitas Bung  Hatta Padang dalam pembangunan kampusnya. Kampus I Universitas Bung Hatta yang terletak di muara sungai dan di pinggir pantai Ulak Karang Padang adalah sisi pesona alam dan lingkungan kampus yang  dimiliki Universitas Bung Hatta. Selain Kampus I Universitas Bung Hatta,  lokasi Kampus II Universitas Bung Hatta di Air Pacah sebagai kampus baru universitas ini ternyata juga menyimpan pemandangan alam yang elok dan menyediakan ruang terbuka hijau dan pemandangan alam yang menarik. Di sekeliling kampus II Universitas Bung Hatta terdaoat hamparan sawah yang cukup luas, sehingga pada saat sawah  menghijau atau saat padi menguning merupakan pemandangan alam yang makin lama makin langka di daerah perkotaan.


Lingkungan kamous
Kampus Baru Univ Bung Hatta di Pacah Padang (foto:Indrawardi)
Air Pacah Padang
Kampus Baru Univ Bung Hatta di Air Pacah Padang
tata ruang kampus
Hijau persawahan di kampus baru Univ Bung Hatta di Air  Pacah
Gambar di atas sebuah  hasil bidikan kamera Indrawardi adalah sisi alam persawahan yang menghijau dan dari dkejauhan terlihat kampus II Universitas Bng Hatta  di Air Pacah. Kamus II Univ Bung Hatta di Air Pacah yang sejak tiga tahun yang lalu sudah menjadi tempat perkulaiahan mahasiswa baru Universitas Bung Hatta lingkungannya  ditata sebagai kampus hijau dan didukung alam persawahan yang luas di sekelilingnya. Lingkunagn Hijau dan pemandangan alam persawahan menjadikan suasana belajar di Kampus II Universitas Bung Hatta sangat menyenangkan bagi para mahasiswanya, (Dh-1)  

Artikel Terkait