Rumah Adat Minangkabau Dalam Google Doodle Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 69

Hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 agaknya jadi perhatian publik dunia atau setidak-tidaknya ada dalam pikiran masyarakat dunia ketika mereka bersilancar di Internet.. Mengapa ? Hari ini 17 Agustus 2014  Google mempersembahkan doodle khusus bertemakan peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang diluncurkan  guna menghormati perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Meskipun bukan untuk pertama kalinya Google meluncurkan doodle peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, namun Google Doodle pada peringatan hari kemerdekaan RI 17 Agustus 2014 ini sarat makna. Pada 2014 gambar Google doodle sepertinya mengangkat tema Bhineka Tunggal Ika, dimana dalam gambar Google doodle itu dengan menampilkan rumah adat diantaranya rumah adat Minangkabau, Taroja, Batak disamping ada anak  berpakaian seragam sekolah dasar sedang melaksakan upacara bendera 17 Agustus, anak remaja bertopi adat, mengenakan ikat kepala merah putih dan lain-lain ikut merayakan hari kemerdekaan. 

Rumat Adat Minangkabau dalam Google Doodle
Rumah adat Minagkabau dalam Google doodle
Apa yang dipersembahkan Google tentu sejatinya diharapkan makin memperkuat rasa kecintaan kita pada Indonesia yang meraih kemerdekaannya melalui suatu perjuangan yang panjang untuk bisa lepas dari belenggu penjajahan, hingga kemudian pada tanggal 17 Agustus 1945 memproklamirkan kemerdekaannya. Perjuangan meraih kemerdekaan yang dilalui bangsa Indonesia merupakan modal yang luar biasa bagi Bangsa Indonensia untuk mengisi kemerdekaan dan memajukan kehidupan bangsa dan negara yang lebih baik  untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Peringatan kemerdekaan Indonensia dengan sejarah yang panjang dan penuh pengorbanan itu, seharusnya membentuk budaya dan karakter bangsa Indonesia sebagai bangsa taguh, kuat dan gigih dalam mewujudkan kemajuan dan kemakmuran bangsa dan negara.

Kemerdekaan Indonesia yang di Proklamirkan 17 Agustus 1945 bila dipahami bagaimana perjuangan yang telah dilakukan sebelumnya, maka tentu peringatan kemerdekaan 17 Agustus 1945 tidak sekedar upacara. Bahkan untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia itu diwarnai sebuah usaha yang luar biasa. (Baca Prolamasi Ditandatangani). (dh-1)

Artikel Terkait