Danau Aia Sonsang Yang Unik, Objek Wisata Alam di Kabupaten 50 Kota

Sebagai daerah tujuan wisata, Sumatera Barat memiliki sejumlah objek wisata yang tersebar diberbagai tempat di Kabupaten/Kota dalam Provinsi Sumatera Barat. Sebagaimana halnya di Kabupaten 50 Kota, terdapat sejumlah objek wisata yang menarik dan unik yang salah satunya adalah Danau Aia Sonsang. 

Danau Aia Sonsang sebetulnya sebuah sungai kecil yang dibendung airnya untuk mengaliri sawah penduduk. Keunikan Danau Aia Sonsang ini adalah pada aliran airnya yang seolah-olah melawan arus. Luasnya Danau Aia sonsang ini sekitar 2 ha dan terletak di Nagari Taeh Bukik, Kecamatan Payakumbuh, sekitar 137 Km dari Kota Padang. Untuk sampai ke lokasi objek wsata Danau Sonsang tidaklah sulit, apalagi jaraknya hanya sekitar 10 km dari Ibukota Kabupaten 50 Kota.
Danau Aia Sonsang 50 Kota
Danau Aia Sonsang (Foto:buddarpora.limapukota.go.id)
Di Objek wisata Danau Aia Sonsang, pengujung dapat berenang, memancing, berkemah atau sekedar menyaksikan keunikan arus air seraya menyaksikan panorama alam yang indah diseputar Danau Air Sonsang. Melihat lokasi dan potensinya, kawasan Danau Aia Sonsoang sangat mungkin dikembangkan dimasa depan sebagai objek wisata unggulan di Kabupaten 50 Kota, terutama bila pada objek wisata Danau Sonsang disertai dengan tersedianya sarana akomodasi, sarana bermain wisata air, restoran dan rumah peristirahatan. Apalagi keberadaan objek wisata Danau Sonsang ini akan tumbuh dan berkembang sejalan dengan sejumlah objek wisata lainnya di Kabupaten 50 Kota. (dh-1)