Let's visit to the beach Carocok Painan

You want to feel the natural beauty of the beach? Carocok beach is the right choice. Mempesona ! Itulah kesan pertama ketika berada di Pantai Carocok dengan pantainya yang berpasir putih. Terpaan angin dan rona laut biru serta jejeran Bukit Barisan dari kejauhan merupakan elemen alam serta dua pulai kecil dihadapannya, melengkapi keindahan Pantai Carocok yang terletak di Painan Ibukota kota Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Soal keindahan Pantai Carocok ini bahkan ada yang mengatakan tidak kalah dengan Pantai Semenanjung Kra di Malaysia atau Pantai Sanur di Bali.

Pantai Carocok merupakan salah objek wisata pantai andalan Kabupaten Pesisir Selatan yang terus berbenah dan mempercantik diri, terletak lk 77 Km dari Kota Padang dengan waktu tempuh lebih kurang 2 jam.  Untuk mencapai Pantai Carocok  tidak sulit karena terletak di  Painan ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan dan melalui jalan penghubung Padang-Sungai Penuh yang cukup besar dan bagus.

Sebagai objek wisata pantai, Pantai Carocok yang berdampingan dengan objek wisata Bukik Langkisau, memiliki keunikannya sendiri, selain pantai berpasir putih, lautnya tenang dengan airnya yang bersih,  hempasan ombak kecil bibir pantai dan sapuan angin laut yang sejuk memberikan sebuah ketenangan bagi jiwa.  Di sisi lain, ketika pandangan dilepaskan ke arah laut terlihat pula Pulau Kereta dan Pulau Cingkuak dan dari kejauhan tampak Pulau Semangki. Semua itu menambah keelokan wajah Pantai Carocok. Bahkan keindahan Pantai Carocok jelang matahari akan terbenam sangatlah mempesona.

Salah satu keunikan dari Pantai Carocok yang selalu menjadi buah bibir adalah dimana pengunjung dapat mencapai pulau Kereta dari Pantai Carocok dengan berjalan kaki setiap kali air laut surut. Namun sejak dibangunnya jembatan penghubung dari Pantai Carocok ke Pulau Kereta, pengunjung dapat bertandang ke Pulau Kereta setiap saat. Sementara di Pulau Cingkuak yang masih dalam kawasan Pantai Carocok yang dapat dicapai dengan naik perahu dijumpai bekas reruntuhan benteng Portugis dan sebuah makam Portugis yang menandakan Pulau Cingkuak ini menyimpan jejak sejarah masa lalu.
Carocok beach Painan
Pantai Carocok (Foto:pesisirselatankab.go.id)
Di kawasan wisata Pantai Carocok juga tersedia  berbagai macam hiburan dan permainan pantai seperti Banana Boat, Flying Fox, Speed Boat, Wisata ke Pulau Cingkuak dengan perahu rakyat, permainan anak-anak, dan aksesoris dari bahan laut, dan lain-lainnya. (dh-1)

Artikel Terkait