Lukisan Alam di "Tikungan Andaleh" Kenagarian Andaleh Tanah Datar Yang Mengagumkan

Tak salah kalau banyak orang mengatakan di wilayah Sumatera Barat banyak terdapat spot-spot alam yang indah dan mempesona. Dalam kaitan ini, satu hari dalam perjalanan menuju Nagari Sabu Kecamatan Batipuah, Kabupaten Tanah Datar via Padang Panjang, saya menemukan spot pemandangan alam yang mengagumkan, tepatnya di sebuah tikungan jalan menanjak di Nagari Andaleh Kec. Batipuah Kab. Tanah Datar tak berapa jauh sebelum perbatasan Nagari Sabu. 

Menelusuri jalan bagus, meskpun agak kecil, sehabis jalan besar dari RSUD Padang Panjang menuju Nagari Sabu, kita bertemu dengan jalan menanjak. Tak beberapa jauh menempuh jalan menanjak kita bertemu dengan sebuah tikungan. Di tikungan itulah terdapat spot alam yang indah dan mempesona. Cukup ada ruang untuk menepikan mobil disekitar tikungan itu, dan saat turun dari mobil angin pegunungan pun menerpa di wajah. Nun dari kejauhan terbentang lukisan alam, kombinasi persawahan menguning dan menghijau, kebun-kebun sayur, dan perkampungan penduduk di sekitar Nagari Andaleh. Lebih jauh lagi pandangan dilayangkan, terlihat barisan perbukitan dan gunung yang kala langit bersih bersih, suasana lukisan alam di di tikungan Andeleh itu akan lebih luar biasa indahnya. 

Panorama Alam di Tikungan ANdaleh
Pesona Alam di Tinkungan Andaleh, Kenagarian Andaleh, Batiipuah
Keindahan alam yang saya berinama “tikungan Andaleh Indah” itu cukup menarik, karena terletak 948 meter dpl  dari permukaan laut dan tentu berbarengan dengan letak Nagari Sabu yang  1039 m dari permukaan laut. Selain itu panorama alam di tikungan Andeleh itu sebagai wisata mata sepanjang jalan bagi setiap pengguna jalan Menuju Nagari Sabu. Nagari sabu sendiri merupakan kampung halaman almarhum Taufiq Kiemas mantan Ketua MPR-RI, suami Presiden Megawati Soekarno Putri. Selain itu jalan Andeleh terus ke Nagari Sabu merupakan salah satu jalan alternatif apabila jalan Padang Panjang-Batu Sangkar tersendat. 

Kembali ke panoram alam "Tikungan Andalah Indah”, sebenarnya berpotensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata alam, dan  bisa terwujud bila pemerintahan Nagari Andaleh menata dan menjadikan kawasan tikungan Andaleh itu sebuah objek wisata.Tikungan Andaleh itu tentu merupakan anugrah Tuhan yang daerah lain belum tentu memilikinya, dan karena itu semenstinya bisa dikembangkan oleh pemerintah (pemerintah Nagari Andaleh) dengan perencanaan dan konsep pengembangan wisata alam yang jelas dan dikelola dengan baik. 

Jika suatu kali anda bermaksud melakukan perjalanan ke Batusangkar via Padang Panjang, tidak ada salahnya anda memilih jaur alternatif ini dan menikmati indahnya pemandangan alam  di Tikungan Andaleh, Kenagarian Andaleh Kecamatan Batipuh, Kab. Tanah Datar. (Ditulisa oleh Boy Yendra Tamin)***