Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan

Vaksin palsu hanyalah satu bentuk dari masalah pelayanan kesehatan. Hal karena, jika dinyatakan kesehatan yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis, maka pelayanan kesehatan merupakan satu aspek penting dalam upaya mencapai masyarakat yang sejahtera. Pertanyaannya, apakah yang dimaksud dengan pelayanan kesehatan itu ? Secara yuridis (hukum) yang dimaksudkan dengan pelayanan kesehatan adalah setiap kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan yang dilakukan secara terpadu, terintegrasi dan berkesinambungan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, pengobatan penyakit, dan pemulihan kesehatan oleh pemerintah dan/atau masyarakat. 

Berdasarkan UU No 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, jenis dan bentuk dari pelayanan kesehatan adalah sebagai berikut:
  1. Pelayanan kesehatan promotif adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan. 
  2. Pelayan kesehatan preventif adalah suatu kegiatan pencegahan terhadap suatu masalah kesehatan atau penyakit.
  3. Pelayanan kesehatan kuratif adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pengobatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit, pengendalian penyakit, atau pengendalian kecacatan agar kualitas penderita dapat terjaga seoptimal mungkin.
  4. Pelayanan kesehatan Rehabilitatif adalah kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan untuk mengembalikan bekas penderita kedalam masyarakat sehingga dapat berfungsi lagi sebagai anggota masyarakat yang berguna untuk dirinya dan masyarakat semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuannya.
  5. Pelayanan kesehatan Tradisional adalah pengobatan dan/atau perawatan dengan cara dan obat yang mengacu pada pengalaman dan keterampilan turun temurun secara empiris yang dapat dipertanggung jawabkan dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku dimasyarakat.
kesehatan dan pelayanan kesehatan
Pelayanan Kesehatan
Dari beberapa bentuk pelayanan kesehatan masyarakat itu, yang cenderung diutamanakan adalah kesehatan promotif dan preventif. Pelayanan promotif adalah upaya meningkatkan kesehatan masyarakat ke arah yang lebih baik lagi dan pelayanan preventif adalah mencegah agar masyarakat tidak jatuh sakit dan terhindar dari penyakit. Oleh sebab itu pelayanan kesehatan masyarakat tidak hanya tertuju pada pengobatan individu yang sedang sakit saja, tetapi yang lebih penting adalah upaya-upaya pencegahan (preventif) dan peningkatan kesehatan (promotif), sehingga bentuk pelayanan kesehatan  bukan hanya rumah sakit saja, tetapi juga bentuk-bentuk kegiatan lain, baik yang langsung kepada peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit, maupun yang secara tidak langsung berpengaruh kepada kesehatan masyarakat. (dh).