Skip to main content
Boy Yendra Tamin

follow us

King William County Courthouse Gedung Pengadilan Tertua Di Amerika Serikat

Pada dasar disetiap negara terdapat gedung-gedung tua yang dibangun ratusan tahun lalu, termasuk gedung-gedung pengadilan yang masih terawat. Keberadaan sebuah bangunan tua tidaklah sekedar mengenang masa lalu, tetapi sekaligus mencerminkan tingkat kemajuan suatu masyarakat pada zamannya. Di sisi lain keberadaan bangunan tua dapat pula menjadi cara untuk melihat kemajuan yang sudah dicapai dengan membandingkan dengan saat sekarang.  Dalam konteks ini banyak negara masih memelihara gedung-gedung tua seperti halnya dengan gedung pengadilan. Amerika Serikat adalah satu negara dikenal sebagai negara yang merawat bangunan-bangunan tua, termasuk gedung-gedung pengadilan tua.

Di Amerika Serikat terdapat belasan gedung pengadilan yang sudah berusia tua dan ada diantaranya masih digunakan saat ini.  Dari gedung-gedung pengadilan tua yang ada di Amerika Serikat yang paling tua adalah  King William County Courthouse yang masih terawat dengan baik.  King William County Courthouse  dibangun pada tahun 1725 dan merupakan bangunan publik tertua di Virginia.  Meskipun pada tahun 1840 King William County Courthouse  diperbesar, tetapi bangunan King William County Courthouse yang dibangun tahun 1975 tetap dipertahankan hingga sekarang.


King William County Courthouse  yang dibangun tahun 1725 dengan bahan bangunan dari batu bata itu, yang sudah diperbesar tahun 1840 dan pada tahun 2004 telah dibangun pula sebuah bangunan modern, namun King William County Courthouse  yang asli tetap dipertahankan dan difungsikan.

Selain King William County Courthouse, ada lagi sejumlah gedung pengadilan tua di Amerika Serikat seperti Old Salem County Courthouse yang dibangun tahun 1735, Hanover County Courthouse dibangun tahun 1737-1742, Charles City County Courthouse  dibangun tahun 1739-1750, Richmond County Courthouse dibangun tahun 1748, King and Queen County Courthouse dibangun tahun 1950, Charleston County Courthouse dibangun tahun 1753,  County Courthouse dibangun tahun 1765 , Chowan County Courthouse dibangun tahun 1767,  Fulton County Courthouse dibangun tahun 1772,  New London County Courthouse dibangun tahun 1784, Shenandoah County Courthouse dibangun tahun 1795,  Old Burlington County Courthouse dibangun tahun 1796 dan Queen Anne's County Courthouse dibangun tahun 1796.

Gedung pengadilan tua di Amerika Serikat dengan sejarahnya masing-masing itu masih berdiri dengan kokoh dan bahkan ada yang tetap menjalankan fungsinya sebagai gedung pengadilan seperti adanya King William County Courthouse. (sumber:diolah dari  wikipedia.org)

Spesial Untuk Anda:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar