Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2016/2017

Dalam usianya sudah 35 tahun, pada tahun akademik 2016/2017 ini Universitas Bung Hatta menerima mahasiwa baru melalui dua jalur, yakni: jalur undangan dan jalur reguler. Kedua jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas itu dengan tata cara sebagai berikut:

A. Tata cara pendaftaran jalur undangan :
  1. Pelamar mendaftar melalui portal SPMB Jalur Undangan
  2. Bila sudah pernah mendaftar silakan login di portal spmb univ bung hatta
  3. Pelamar melengkapi data, rekomendasi sekolah dan formulir pendaftaran secara online.
  4. Hasil seleksi dapat dilihat secara online di laman http://bunghatta.ac.id atau langsung ke Kampus  Universitas Bung Hatta Jl. Sumatra Ulak Karang Padang
B. Tata cara pendaftaran jalur reguler:
  1. Pelamar mengajukan pembelian formulir dengan menekan tombol "Beli Formulir" di portal spmb univ bung hatta
  2. Pelamar mendapatkan username dan password yang belum diaktifkan, termasuk nomor rekening virtual Bank Nagari untuk melakukan pembayaran.
  3. Pelamar membayar uang pendaftaran Rp 150.000,- (untuk S1/D3) dan Rp 350.000,- (untuk S2) melalui ATM / Mobile Banking / Internet Banking / SMS Banking atau melalui teller Bank Nagari terdekat (Tata cara pembayaran dapat dilihat disini)
  4. Pelamar login di spmb.bunghatta.ac.id menggunakan username dan password yang diberikan pada saat pengajuan formulir, kemudian melengkapi formulir pendaftaran.
  5. Hasil seleksi dapat dilihat secara online di laman bunghatta.ac.id atau langsung ke Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta Jl. Sumatra Ulak Karang Padang
Kampus Universitas Bung Hatta
C. Sikilas Tentang Universitas Bung Hatta

Tanggal 20 April 2016 yang lalu Universitas Bung Hatta telah berusia 35 tahun. Dalam perkembangannya Universitas Bung terus melakukan upaya perbaikan dan pengembangan diri baik  akademik maupun penyediaan fasilitas proses perkuliahan.

Menyandang nama besar proklamator kemerdekaan republik Indonesia “Bung Hatta”, Universitas ini diharapkan mampu mengemban misi pembangunan nasional sesuai dengan cita-cita Bung Hatta. Sampai tahun tahun 2016 ini, Universitas Bung Hatta mempunyai 7 Fakultas dan Program Pascasarjana. Berikut adalah program studi yang ada di Universitas Bung Hatta: 

Program studi UBH

Program studi Univ Bung Hatta

Aktivitas perkuliahan dan administrasi dan sarana penunjang lainnya di Universitas Bung Hatta diselenggarakan pada tiga lokasi. yaitu Kampus I dan Program Pascasarjana yang berlokasi di Jalan Sumatera, Ulak Karang Padang, Kampus II di Aie Pacah, Padang, Kampus III yang berlokasi di Jalan Gajahmada, Olo Nanggalo Padang.

Untuk membina minat dan bakat mahasiswa, diberikan wadah berupa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), antara lain: Pramuka, Mapala, KSR-PMI, Radio Suara Mahasiswa (Diorama), Olahraga, Scuba Diving, Kesenian, Penerbitan Wawasan Proklamator, Pusat Studi Islam Nurjannah, dan lain-lain. 

Di samping mengelola jenjang pendidikan Diploma dan Strata-1, sejak tahun 2003 Universitas Bung Hatta, telah mengelola jenjang pendidikan pascasarjana (S-2). Saat ini telah ada 6 Program Studi di Program Pascasarjana yaitu Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Perairan, Pesisir dan Kelautan (PSP2K), Program Studi Manajemen, Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Ilmu Hukum, Program Studi Arsitektur dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Semua Program Studi ini telah terakreditasi oleh BAN-PT.

Memasuki usia ke-35 tahun (1981-2016), Universitas Bung Hatta telah dipimpin oleh 7 (tujuh) orang rektor, yaitu Prof. Dr. H. Agustiar Syah Nur, M.A. (Alm) Periode 1981-1985; Drs. Adrin Kahar, Ph.D (Hon) (Alm) Periode 1995-1990; Prof. Dr. Ir. Sjofjan Asnawi, M.A.D.E (Alm) Periode 1990-1998; Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, M.Sc. Periode 1998-2000; Prof. Dr. Alfian Lains, S.E., M.A. (Alm.) Periode 2000-2004; Prof. Dr. Yunazar Manjang Periode 2004-2008; Prof. Dr. Ir. Hafrijal Syandri, M.S. Periode 2008-2012; dan Prof. Dr. Niki Lukviarman, S.E., Akt., MBA, Periode 2013-sekarang. (*dh-1)