Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN Tahun 2016

Sebagaimana dirilis website resmi sbmptn.ac.id, hasil seleksi SBMPTN 2016 akan diumumkan tanggal 28 Juni 2016 . Para peserta seleksi SBMPTN dapat melihat hasil seleksi dengan mengkakses pada laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id   pada pukul 14.00 WIB.Selain itu peserta yang ingin melihat hasil seleksi SBMPTN 2016 juga dapat melihat hasil yang dinyatakan lulus pada laman mirror :

http://sbmptn.unsyiah.ac.id/
http://sbmptn.undip.ac.id
http://sbmptn.unand.ac.id
http://sbmptn.ugm.ac.id
http://sbmptn.unsri.ac.id
http://sbmptn.its.ac.id
http://sbmptn.ui.ac.id
http://sbmptn.unair.ac.id
http://sbmptn.ipb.ac.id
http://sbmptn.untan.ac.id
http://sbmptn.itb.ac.id
http://sbmptn.unhas.ac.id

pengumuman hasil seleksi sbmptn 2016

Meskipun hasil SBMPTN 2016 diumumkan tanggal 28 Juni 2016 besok, tentu tidak semua peserta akan lulus.  bagi peserta SBMPTN yang tidak lolos diteriman di PTN masih ada jalur masuk perguruan tinggi  negeri yang dapat ditempuh.  Berdasarkan  UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, juncto PP Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, juncto Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Permenristekdikti Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, pola penerimaan mahasiswa baru program Sarjana dilakukan melalui: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Bila tidak juga lolos dalam jalur seleksi masuk  PTN seperti dikemkakan di atas, para lulusan SMTA masih punya kesempatan melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi swasta (PTS). (dh-1)

Artikel Terkait