Tips Agar Bebas Dari Kecelakaan Di Jalan Pada Masa Mudik Lebaran

Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia. Pada moment hari lebaran pada umumnya masyarakat yang merantau ingin merayakan bersama keluarga di daerah asalnya. Karena itu pada masa-masa lebaran arus mudik sangat luar biasa dan rawan kecelakaan. Angka kecelakaan dijalan raya selama arus mudik cukup tinggi dan merenggut nyawa pemudik yang tidak sedikit. Sehingga keselamatan di jalan raya menjadi sangat penting untuk diperhatikan pemudik.

Terkait dengan mudik lebaran itu, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto dalam rilisnya Sabtu (25/6/2016) seperti dilansir detik.com (25/6/2016) mengimbau kepada pengendara motor dan mobil pribadi:

Arus mudik lebaran

Sebelum berangkat:
  • Siapkan fisik dan pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat.
  • Kendaraan sepeda motor dalam kondisi laik jalan yang meliputi mesin, rem, lampu, ban dan kaca spion serta penuhi bahan bakar.
  • Pastikan kelengkapan dokumen atau administrasi kendaraan atau pengemudi seperti SIM, STNK, KTP) yang masih berlaku.
  • Rencanakan rute perjalanan agar berangkat tidak dalam keadaan terburu-buru dan berdoa sebelum berangkat.
  • Jangan paksa diri mengemudi dalam keadaan mengantuk atau lelah. Beristirahatlah di tempat yang aman agar terhindar dari sasaran tindak kriminalitas.
Selama di Perjalanan

  1. Mengutamakan keselamatan berlalu lintas dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak menggunakan ponsel saat mengemudi, tidak mengebut, jaga jarak aman, tidak mengkonsumsi minuman keras atau obat-obatan terlarang lainnya.
  2. Bila terjebak macet hendaknya tertib dalam antrean sabar dan tidak emosi.
  3. Pengendara dan penumpang sepeda motor wajib menggunakan helm SNI dan dilarang membawa penumpang lebih dari satu orang, menggunakan lajur kiri dan wajib menyalakan lampu pada siang hari.
  4. Apabila mengalami kecelakaan agar bersikap tenang, tidak panik dan segera menghubungi polisi/petugas keamanan untuk mendapatkan bantuan pertolongan.
Sementara itu kepada pemdik  yang menggunakan jasa angkutan umum, dihimbau:
  1. Siapkan fisik dan pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat.
  2. Pilihlah jasa angkutan dengan cermat dan hati-hati agar terhindar dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab
  3. Bila angkutan umum sudah penuh jangan memaksakan diri untuk naik, peringatkan pengemudi apabila kebut-kebutan atau zig-zag.
  4. Bawalah barang bawaan secukupnya dan tdk berlebihan karena dapat mengundang tindak kriminal.
  5. Tidak memakai perhiasan yang mencolok/berlebihan karena dapat mengundang kriminal.
  6. Sebaiknya jaga agar sikap dan pakaian atau dandanan tidak seksi supaya tidak merangsang pelaku menjadikan anda sebagai korban tindak susila.
  7. Jangan mudah menerima tawaran makanan atau pun minuman dari seseorang yang belum dikenal dengan baik agar tidak menjadi korban kejahatan pembiusan.
  8. Waspada apabila disapa atau ditepuk oleh orang yang belum dikenal agar tidak menjadi korban kejahatan hipnotis.
  9. Sebaiknya bawalah uang maupun barang berharga lainnya seperlunya saja &pastikan telah dibawa/disimpan pada tempat yang aman.
  10. Jangan lupa berdoa selama dalam perjalanan sampai tujuan.

beberapa imbauan itu tentu patut menjadi perhatian pemudik, sehingga terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan sekaligus menjaga keselamatan jiwa. (dh-1 - detik.com) 

Artikel Terkait