Menunggu Sunset di Pulau Kasiak Putiah dan Tawaran Sudut Pandang dari Laut

Sudah agak sore sebenarnya ketika saya menginjakkan kaki di pantai Pulau Kasiak Putiah (Pulau Pasir Putih) yang terletak tidak jauh dari objek wisata pantai Taman Nirwana, Padang. Pulau Kasiak Putiah hanyalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni. Tidak ada fasilitas wisata apa pun disana. Tapi jangan kecewa dulu, ada spot pesona alam laut yang mengangumkan yang ditawarkan pula ini bagi yang berkunjung kesana.

Pulau Kasiak Putiah berada diperaian laut dihadapan objek wisata pantai Taman Nirwana, Padang yang terletak Jl. Padang – Painan Km 10, Sungai Barameh, Padang. Artinya untuk sampai ke Pulau Kasiak Putiah tidaklah sulit. Biasanya, ketika anda berkunjung ke Taman Nirwana tersedia perahu bermesin tempel yang siap mengantarkan anda ke Pulau Kasiak Putiah dengan sewa yang relatif murah dan pergi dalam rombongan kecil lebih baik. Karena sewa perahu  untuk ke pulau Kasiak Putiah tidak dihitung perkepala. 
sunset di Pulau Kasiak Putiah
Sunset di Pulau Kasiak Putiah
Perjalan laut dengan perahu bermesin tempel selama Lk 15 Menit dari Taman Nirwana tentu mengasikkan saat terpaan angin dan alunan gelombang laut yang rendah dan sedang. Di jalur menuju Pulau Kasiah Putiah terlihat Kapal-kapal besar yang jangkar jelang sandar di Pelabuhan Teluk Bayur. Ada kalanya perahu bermesin tempel melewati Kapal-Kapal Besar yang sedang buang sauh dan keciprak air laut menerpa ketika sekali-kali perahu memecah gelombang.
Pemandangan laut jelas menuju Pulau Kasiak
pesona alam Laut dan kapal dalam menuju Pulau Kasiak Putiah
Pantai pasir putih Pulau Kasiak
Pantai Pulau Kasiak Putiah
Ketika perahu bermesin tempel merapat di Pulau Kasiak Putiah, dasar laut dangkal berpasir putih terlihat jelas dan ombak kecil menyapu kaki saat turun dari perahu. Dengan kaki tak beralas menampak di pasir pantai yang putih memberikan kesan tersendiri. Anda bisa mengilingi Pulau Kasiak Putih cuma dalam waktu 10 menit saja. Dari sisi-sisi pulau Kasiah Putiah kita bisa menikmati Pelabuhan Teluk Bayur dari kejauhan, Kapal-kapal yang sedang jangkar diperairan Teluh Bayur. Di disisi lain, terlihat pula Taman Nirwana, Pantai Bungus yang tampak seperti berada dikaki Bukit Barisan. Pada belahan lain, arah ke Barat terlihat bentangan laut lepas pintu gerbang masuk Pelabuhan Teluk Bayur. 
objek wisata Taman Nirwana
Objek wisata Taman Nirwana
Jika anda tiba sore dan langit bersih, Pulau Kasiak Putiah adalah tempat yang sangat tepat menikmati sunset dan mengabadikannya sampai matahari lenyap ditelan laut. Jika menunggu sunset jadi tujuan utama anda, tidak usah khawatir, pemilik perahu dengan sabar menunggu anda. Jika anda ingin berada di Pulau Kasiah Putiah cukup lama, maka masa menunggu pemilik perahu dinegosiasikan dengan pemilik perahu. Meskipun sewa perahu ke Pulau Kasiak Putiah sudah mencakup pulang-pergi dan  masa menunggu, tetapi bila anda menginkan waktu lebih tinggal berkomunikasi saja dengan pemilik perahu yang mengantar anda. 

Pelabuahn Teluk bayur dilihat dari Pulau Kasiak
Pelabuhan Teluk Bayur dilihat dari Pulau Kasiak Putiah
Pada hari-hari libur, cukup banyak pengunjung objek wisata pantai Taman Nirwana berkunung ke Pulau Kasiah Putiah. Suasana khas pulau kecil yang ditumbuhi tumbuhan perdu ini akan memberikan anda kesan dan kenangan sendiri. Bahkan ketika saya berada disana, ada pasangan muda tengah membuat photo para pernikahan di Pulau Kasiah Putiah. Jadi, jangan lewatkan mampir ke Pulau Kasiak Putiah ketika anda berkunjung ke objek wisata pantai Taman Nirwana, Padang. Tapi mesti di ingat, bawalah persiapan air minum dan makanan secukupnya, karena Pulau Kasiah Putiah hanyalah sebuah pulau kosong dan belum memiliki pasilitas wisata. *** (naskah dan foto : beyete) 

Artikel Terkait