Apa Daya Tarik Pariwisata Sumatera Barat ?

Apa daya tarik kegiatan pariwisata di Sumatera Barat ? Inilah satu pertanyaan yang selalu dikemukakan para wisatawan-tamu-turis yang mau datang ke Sumatera Barat. Pertanyaan serupa tentu juga diajukan wisatawan pada daerah tujuan wisata lainnya. Daya tarik mencakup pesona, keindahan suatu tempat, kawasan atau pun objek tertentu yang diperlukan untuk menggambarkan suatu kawasan tertentu secara spesifik (utama). 


air terjun

Satu daya tarik utama biasanya akan menjadi ikon suatu kawasan atau tempat. Daya tarik yang ada dapat berupa daya tarik secara alami, daya tarik sosial, daya tarik budaya, daya tarik masyarakatnya, daya tarik istimewa (buatan) yang disiapkan secara khusus sesuai dengan tema-tema yang diinginkan dengan mengkombinasikan daya tarik alami dengan daya tarik buatan pada suatu kawasan dengan menonjolkan identitas daerahnya (ikon) dengan cara membuat tema-tema yang menarik, menantang, menyenangkan dan dapat juga meningkatkan adrenalin. 

Tema-tema objek yang menarik harus terus ada (eksis), dijaga (dikonservasi) dan dikembangkan (sustainable development) yang dapat ditawarkan ke pihak konsumen (pasar) secara nasional dan global. Objek yang menjadi daya tarik yang membuat orang berduyun-duyun datang harus juga memberikan manfaat buat masyarakat disekitarnya (multiple effect). 

Inilah pesan singkat jika para pengambil kebijakan ingin mengembangkan dan memajukan suatu kawasan di daerahnya agar selalu menarik untuk dikunjungi dan didatangi oleh para wisatawan, kapan saja dari mana saja, semoga berhasil, salam konservasi (Oleh Harfiandri Damanhuri/ad-dh1, 15 Nov 2016)