Pengembangan Potensi Pariwisata Pasaman Barat Barat

Oleh. Harfiandri Damanhuri

Pariwisata Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar menunggu waktu ; Kita memiliki potensi besar dari bentangan alam, keindahan dan pesona daratan, pesisir pantai yang putih dan pulau-pulau kecil yang hijau, serta potensi laut dipermukaan dan dalam perairanya. Mulai dari utara sampai ke selatan sepanjang 375 km garis pantainya. Wilayah utara belum banyak dibicarakan oleh para pegiat dan dinas pariwisata Sumatera Barat.

Akan tetapi secara diam-diam Pasaman Barat misalnya, telah menyusun kekuatan informasi dan membenahi infrastruktur secara berkelanjutan dan pasti. Untuk membuka mata pemerintah sebagai pengambil kebijakan, masyarakat sebagai pelaku dan pihak swasta yang akan berinvestasi.
Beberapa buku yang telah disusun adalah tentang Profil Gugus Pulau Kecil yaitu ; Pulau Tamiang, Pulau Pigago, Pulau Taluo beserta peta pengembangan kawasan dengan hadirnya Pelabuhan Teluk Tapang. Buku Profil Investasi pada ; Pulau Panjang, Pulau Harimau, Pulau Tamiang, Pulau Taluo dan Pulau Pigago dengan membuat arahan untuk investor untuk berinvestasi membangun kawasan wisata bahari.

Dan sebuah nagari kecil seperti Nagari Kajai di Kabupaten Talamau misalnya tidak mau kalah juga mempersiapkan potensi besar tentang sejarah akulturasi budaya Minangkabau melalui Perkampungan Tua Tinggam Kajai, potensi Air Terjun yang sangat banyak di kaki Gunung Talamau salah satunya adalah Air Terjun Sorosah Batang Nago dengan membuatkan diskripsi wilayah secara detail lengkap dengan peta serta jalur jelajahnya.

Di sebuah kampung Pulau Panjang Pasaman Barat (foto.dok.Delisman Dt Rangkayo Basa)

Selain itu Dinas Pariwisatanya pun terus bergiat mensosialisasikan peran serta masyarakat yang akan terlibat dalam pengembangan kawasan wisata secara lokal dan nasional dengan potensi yang besar yang ada. Segala keindahan dan panorama yang ada tidak akan membuat mata berkedip untuk terus memandang dan menatapnya.

Daerah yang diam ini, ternyata terus berupaya untuk mengembangkan kawasannya, boleh dilihat 3-5 tahun ke depan Kawasan Wisata Pasaman Barat akan menjadi daya tarik tersendiri yang tidak terhingga. Sehingga daerah dan masyarakatnya benar-benar dipersiapkan untuk menerima tamu yang datang dari seluruh penjuru tanah air bahkan dunia. Apa lagi informasi yang sudah dibukukan ini juga dibantu oleh kawan-kawan pegiat Pariwisata Sumatera Barat untuk menyebarluaskan informasinya.(hd, 24.1.2017. 23:27).

Related Posts:

© 2017 Dunia Hukum dan Budaya - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger