Rendang Telur Kuliner khas Indonesia dari Kampung Rendang Payakumbuh

Pernah dengar tentang Kampung Rendang Payakumbuh ? Kalau tentang Kota Payakumbuh agaknya sudah tidak asing bagi banyak orang. Payakumbuh adalah sebuah kota di Sumatra Barat, yang berbatasan dengan Kabupaten 50 Kota yang merupakan gerbang pintu masuk dari arah Riau dan dari Bukittinggi. Lalu dimana persisnya kampung rendang Payakumbuh ? Kampung rendang sebenarnya adalah sebuah julukan yang diberikan bagi Keluruhan Sungai Durian, Kecamatan Lampasi, Kota Payakumbuh dan disana ada belasan UKM pengusaha rendang dan salah satunya rendang telur kering yang terkenal itu. Perkembangan usaha kuliner rendang di Keluruhan Sungai Durian yang pesat itu mengantarkan julukan bagi Keluruhan Sungai Durian sebagai Kampung Rendang.

Populeritas kampung rendang Payakumbuh terus naik, apalagi setelah usaha kuliner rendang produksi kampung rendang Pakumbuh pemasarannya telah dipasrkan secara online. Pemasaran secara online kuliner rendang produksi sejumlah UKM di kampung rendang Payakumbuh itu mendapat dukungan dari PT. Telkom Wilayah Sumbar. Sehingga pemasaran rendang diproduksi Kampung Rendang Payakumbuh tidak hanya memanfaatkan posisi strategis Kota Payakumbuh, tetapi lebih luas dari itu dan mendunia.


Keberadaan Kampung Rendang Payakumbuh dengan belasan UKM-nya itu tidak terpisahkan dari keberadaan Payakumbuh sekitarnya yang sebagai sentra perternakan ayam petelur. Dalam konteks usaha peternakan ayam petelur itu, maka dari telur-telur ayam dari hasil petenakan ayam masyarakat yang melimpah itu, tidak sedkit pula telur yang pecah atau pun retak.Telur pecah dan retak tak habis dikonsumsi sendiri oleh peternak, maka muncul pemikiran pertenak bagaimana mengakalinya, tidak hanyak menjualnya melainkan melahirkan peluang bisnis baru di bidang kuliner yang kini populer dengan nama Rendang Telur Kering. Hal ini didukung pula kemampuan masyarakat Payakumbuh yang rata-rata bisa memasak rendang telur kering dengan resep turun temurun dan pastinya rasanya enak.

Rendang telur Payakumbuh telah menjadi sebuah home industri masyarakat Payakumbuh, selain sebagai upaya memanfaatkan telur yang masih baik, sekaligus sebagai upaya memberikan nilai ekonomis bagi telur retak dari peternakan peternak ayam petelur merupakan bahan utama rendang telur dan bahan lainnya seperti cabe, lengkuas, santan, daun daunan untuk memasak rendang telur kering. Uniknya rendang telur kering ini berbeda dengan rendang daging, rendang telur kering ini bisa sebagai lauk pauk atau pun sebagai keripik untuk cemilan.

Sejak berkembangnya usaha kuliner rendang telur di kalangan masyarakat Payakumbuh sekaligus mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat payakumbuh dan sekaligus membuka peluang kerja bagi masyarakat. Selain itu, usaha rendang telur Payakumbuh terus berkembang sedemikian rupa, karena ternyata rendang telur hasil olahan masyarakat itu tidak hanya digemari masyarakat Payakumbuh tapi juga di gemari pendatang dari berbagai daerah.

Dalam perkembangannya, pemasaran rendang telur ini tidak hanya untuk kedai dan toko-toko, melainkan juga melalui penjualan online,  sehingga perantau yang jauh dan teringat kampung halaman dan ingin memakan masakan kampung halaman bisa memesan dengan sangat mudah. Rendang, khususnya rendang telur produksi Kampung Rendang Payakumbuh sudah berkembang sedemikian rupa dan dan kian mengukuhkan Payakumbuh sebagai kota kuliner dengan berbagai macam makanan yang enak yang disukai tidak hanya masyarakat menengah ke bawah tetapi juga masyarakat menengah ke atas dan tentu dengan harga yang terjangkau. (kiriman : Ara Renata-mhsfhubh/dh1-ed)

Related Posts:

© 2017 Dunia Hukum dan Budaya - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger