Info Arus Mudik dan Aplikasi Info Jalur

Tidak ingin terjebak macet dalam kepadatan arus lalu lintas mudik lebaran ? Atau anda ingin tahu rute mudik mana yang macet dan padat ? Info ini mungkin berguna bagi anda dan sekaligus melancarkan perjalan mudik lebaran atau perjalanan liburan anda. Kemajuan teknologi memudahkan anda sebelum memulai perjalan dengan mengetahui rute yang dapat anda tempuh ketiga tahu arus lalu lintas sangat padat pada jalur yang biasanya anda tempuh.

Selain memperoleh info kepadatan lalu lintas dan info lainya sekarang dengan mudah dapat diketahui dengan menggunakan beberapa aplikasi. Aplikasi-aplikasi tersebut selain sebagai petunjuk jalan juga sangat membantu anda dalam perjalanan mudik lebaran atau berliburan pada hari-hari besar bahkan dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari. Bahkan dapat membantu anda menemukan suatu tempat di suatu daerah yang baru pertama kali anda kunjungi.

Beberapa aplikasi canggih berkat kemajuan teknologi informasi bisa anda instal di HP Android anda dengan mudah dan gratis. Berikut beberapa aplikasi yang mudah anda opersionalkan sebagai alat bantu bagi anda dalam perjalanan, baik perjalan mudik lebaran, libur panjang atau pun menjalankan aktivitas sehari-hari;

1.Google Maps 

Bila anda akan bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi ke suatu tempat, termasuk mudik lebaran atau liburan, upayakan aplikasi Google Maps sudah terpasang di telepon seluler anda. Aplikasi ini memiliki antarmuka mudah anda pahami dan sederhana, serta mudah mudah digunakan.
Penggunaan aplikasi ini bisa anda ditemukan, dimana pengaturan lokasi dan tujuan bisa dilakukan dengan memilih "Go" di sebelah kiri bawah. Kemudian, Google Maps akan menampilkan rute perjalanan sekaligus kondisi kemacetan jalan beserta estimasi waktu sampai.

Selain itu, apabila jalanan sedang macet, aplikasi yang juga tersedia di perangkat iOS itu akan memberikan beberapa alternatif rute dengan perkiraan waktu tempuh masing-masing rute yang diberikan.

Google Maps kelebihannya memberikan dapat menampilkan gambar nyata dengan memanfaatkan peta satelit dan bisa menampilkan apa saja yang ada di sekitar seperti pom bensin, restoran, supermarket atau kedai kopi.

Aplikasi ini dilengkapi pula dengan Google Assitant, yang dapat memandu jalan tanpa harus melihat peta, sehingga Anda dapat berkonsentrasi mengendarai kendaraan Anda dengan mengaktifkan speaker pada telepon seluler.

2. Waze 

Selain Google Maps yang sudah populer, Waze adalah aplikasi lainnya yang memberikankan anda pilihan rute serta perkiraan waktu perjalanan, dan juga dilengkapi asisten virtual yang dapat memandu menunjukkan jalan.

Seperti diketahui, Waze merupakan komunitas berbasis lalu lintas, dimana pengguna bisa mendapatkan informasi dari pengendara lain yang membagikan informasi kondisi jalan dan lalu lintas secara langsung.

Kelebihan lain, Waze juga memberikan informasi mengenai kemacetan lalu lintas, dimana waze menyediakan informasi mengenai kecelakaan, cuaca, perbaikan jalan, hingga razia polisi.

Bahkan, pengguna Waze juga bisa mengambil peran lebih aktif dengan berbagi laporan perjalanan kepada pengguna Waze lainnya dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu. Dengan demikian.
data aplikasi Waze tentunya terus menerus diperbarui.

3. Ayo Mudik 

Selain Google Maps dan Waze, pemerintah Indonesia juga tidak ketinggalan membangun aplikasi yang diberi nama “Ayo Mudik”. Aplikasi yang dibangun melalui Kementerian Perhubungan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika diluncurkan untuk melayani kebutuhan informasi pengguna jalan saat mudik.

Pada apbilasi Ayo Mudik ini, pengguna seguhi informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan, juga juga menyediakan informasi mengenai jalur mudik serta fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik.

Selain aplikasi di atas ada beberapa aplikasi lainnya yang dapat anda gunakan sebagai alat bantu dalam melancarkan perjalanan mudik, atau perjalanan liburan anda seperti aplikasi milik BPJS Kesehatan yang diberi nama Mudik BPJKS dan aplikasi lainnya JMCARe yang dibangun PT Jasa Marga.

Aplikasi-aplikasi pamandu perjalanan anda yang antaranya disebut di atas, bisa anda dapatkan melalui Play Store dan sangat mudah menginstalnya di Android anda. (Dh-1)

Baca Juga: