Pesona Jembatan Siti Nurbaya Kota Padang Di Malam Hari

Legenda (kisah) Siti Nurbaya demikian populer dikalangan masyarakat dan tidak jarang menjadi ungkapan sehari-hari disetiap kali terjadi seorang anak gadis dipaksa menikah atau dijodohkan dengan seseorang yang tidak dicintainya alias  dipilihkan orangtuanya. Kisah Siti Nurbaya itu pun tidak terpisahkan dari Gunung Padang  yang terletak di Pantai Padang.

Objek Wisata Gunung Padang yang terkenal dengan kisah Siti Nurbaya itu, selain memiliki pesona alam yang elok, disatu sisi pemandangan alam laut lepas dan suara debur ombak , di sisi lain pesona alam Kota Padang dilihat dari ketinggian bukit (gunung) Padang. Konon dikisahkan di Gunung Padang  ada sebuah ceruk yang diyakini sebagai makam Siti Nurbaya .

Selain objek wisata Gunung Padang dengan icon kisah Siti Nurbaya itu, pemerintah Kota Padang mengabadikan nama Siti Nurbaya itu  pada sebuah jembatan yang membentang di atas  Muara Batang (sungai) Arau  dan Gunung Padang  yang sekarang terkenal dengan jembatan Siti Nurbaya. 


Jembatan Siti Nurbaya ternyata tidak hanya berfungsi sebagai sarana penghubung dari Kota Tua Kota Padang  ke objek Wisata Gunung Padang tetapi sekaligus menjadi objek wisata di Kota Padang yang setiap harinya ramai dikunjungi dan memberikan pesonan tersendiri bagi masyarakat seraya menikmati pemandangan aktivitas Pelabuhan Muara Padang dan jejeran kapal-kapal yang berlabuh di Muara  Batang Arau.  

Seraya menikmati jagung bakar dan penganan kecil lainnya di atas Jembatan Siti Nurbaya sambil menyaksikan eloknya alam dan aktivitas di Muara Batang Arau sambil menanti matahari tenggelam (sunset)  di mulut muara Batang Arau yang terhubung langsung dengan laut di pantai barat Kota Padang. 


Jembatan Siti Nurbaya sepanjang 60 M boleh disebut dirancang bukan sekedar jembatan, tetapi jembatan yang  dirancang dengan nuasa pariwisata. Bahkan Jembatan Situ Nurbaya terlihat sangat indah dimalam hari ketika semua lampu-lampu di Jembatan dan bangunan yang ada disekitanya lokasi jembatan ini menyala. Cahaya lampu itu  jatuh di atas permukaan air Muara Batang Arau dan memberikan lukisan alam malam yang elok, apalagi ketika permukaan air tenang saat pasang naik, rasanya kita tak ingin beranjak dari tempat duduk. (Ditulis: Boy Yendra Tamin)

Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya Kota Padang dimalam hari 

Pesona Siti Nurbaya
Muara Padang dari atas jembatan Siti Nurbaya

Sisi Lain Jembatan Siti Nurbaya
memasuki Jembatan Siti Nurbaya (Foto:Beyete)