Di Gurun Nagari Guguak Malalo Menikmati Eloknya Danau Singkarak

By Helmia Husna

Danau Singkarak merupakan danau yang terbesar di provinsi Sumatera Barat yang terletak di Kabupaten Tanah Datar dan memberikan banyak keberuntungan bagi daerah-daerah sekelilingnyaGuguak Malalo adalah satu nagari yang terletak di tepian Danau Singkarak dengan yang sarat dengan potensi daya tarik wisata paduan antara daratan (perbukitan) dan hamparan danau. Paduan alam perbukitan dan danau itulah yang meanugrahkan Nagari Guguak Malalo dengan sejumlah spot spot dan kawasan yang cocok untuk dijadikan tempat wisata. Meskipun demikian sebagian besar potensi daya tarik wisata di Nagari Guguak Malalo ini masih memerlukan pembangunan inprastruktur seperti jalan menuju tempat tersebut agar mudah di jangkau dan disampng perluknya upaya memberdayakan masyarakat untuk mampu mengelola alam yang indah  di Danau Singkarak

Pesona dari Spot Gurun di Nagari Guguak Malalo

Satu dari sejumlah spot  wisata yang menarik dan mengagumkan yang dimiliki  Nagari Guguak Malalo Keecataman Batipuh Kabuoaten Tanah Datar adalah lokasi yang dinamai masyarakat Guguak Malalo dengan Gurun yang terletak di Jorong Baing.  Sebelum sampai ke lokasi yang dinamankan Gurun itu,  tentu tidak boleh dilewatkan untuk mampir sejenak sekedar berfoto di lokasi Bendrungan PLTA Guguak Malalo yang khas dengan bangunan bendungan yang menarik ditepian Danau Singkarak.

Satu sisi Pandang di Gurun Guruak Malalo

Setelah mampir di bendunga PLTA Guguak Malo, perjalanan dapat dilanjutkan lokasi Gurun yang berada ditepian Danau Singkarak, persisnya di Jorong Baing Nagari Guguak Malalo. Lokasi ini dinamakan Gurun  karena karena tanah yang ada di dekat itu seperti tanah yang berada di dekat gurun. Perjalanan menuju Gurun di Dinari Guguak Malalo itu sekitar 10 menit dari Jorong Duo Koto  Guguak Malalo. Bagi anda yang ingin berkunjung lokasi cantik Gurun di Nagari Guguak Malalo tentu tidak sulit karena jalur transportasi ke Nagari Guguak Malalo lancar dan cukup mudah dan dapat ditempuh berbagai jenis kendaraan dengan jalan yang mulus  menyisir tepian Danau Singkarak. Pastinya anda tidak akan menyesal bila berkunjung ke satu spot pesona alam yang dinamai Gurun itu, selain indah juga memberikan ketenagan pada pikiran saat mennyaksikan hamparan lukisan alam yang mempersona.

Satu sisi di PTLA Malalo

Gurun dengan pesonanya yang luar biasa itu memang tidak begitu banyak dikenal orang dari luar Guguak Malalo dan juga belum dikelola sebagai sebuah destinasi wisata. Tetapi bila dilihat daya tarik wisata Gurun, agaknya Gurun suatu saat kelak akan terkenal dan dikunjungi banyak orang. (Narasi dan foto kiriman Helmia Husna /editor beyete)

Reaksi:
Share this with short URL:

RECOMMENDED: