Pesona Alam Dari Puncak Indo Jalito ( Puncak Bukit Shaduali) Kawasan Wisata Alam di Kab Tanah Datar

Advertisemen
Puncak Indo Jalito adalah nama yang diberikan bagi Puncak Bukik (Bukit) Shaduali yang terletak di Jorong  Panti  Nagari Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar. Puncak Indo Jalito yang berada di kawasan wisata alam Bukik Shaduali terletak 5 kilometer dari pusat Kota Batusangkar dapat dicapai dengan kendaraan roda empat ,roda dua dan dengan berjalan kaki. Meskipun demikian bagi pengguna kendaraan roda empat harus esktra hati-hari karana jalan beton menuju ke puncak Indo Jalito masih tergolong sempit terutama pada waktu berpapasan dengan  kendaraan lain.

 Alam Bukik Shaduali dengan Puncak Indo Jalito-nya sangat mempesona. Selain udara segar dan angin semilir yang bertiup sudah terasa menerpa sejak anda merangkak di pianggang bukit shaduali menunju puncak Indo Jalito. Jelang mencapai Puncak Indo Jalito lukisan alam perbukitan yang menghijau dan kawasan perkampungan disekitar Bukit Shaduali mulai menggugah decak kagum akan indahnha alam. Sebelum sampai puncak Indo Jalito kita bertemu dengan kedai kecil di tikungan yang seperti juga sangat menyenangkan sambil mengopi  ditengah supuan angin sejuk.

Berdiri dii ketinggian Puncak Indo Jalito kita dapat melihat  seluruh wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Datar sejauh 360 derajat tanpa halangan. Inilah keistimewaan Panorama Shaduali ini bila dibandingkan dengan kawasan puncak lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar. Bahkan pusat kota Batusangkar dan pusat pemerintahan di Pagaruyung yang menggugah hati dan menyegarkan yang menikmatinya.

pesona alam puncak indo jalito (puncak bukit sadhuaki)

Beberapa informasi yang diperoleh dari warga disekitar Bukit Shadiali, Pucak Indo Jalito selain dikunjungi wisatawan lokal juga telah dikunjungi wisatawan asing. Pada hari-hari libur kawasan wisata Bukit Shaduali ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan di kawan wisata alam Bukit Shaduali sering juga dijadikan tempat acara pertemuan komunitas atau organisi meskipun kawasan wisata bukit shaduali masih dalam tahap pengembangan. Ada  sebuah rumah rumah tempat menbinap jelang Puncak Indo Jalito sering dijadikan kelompok wisatawan memginap dan mengadakan acara pada malam hari seraya menyaksikan keindahan alam disekeliling puncak Indo Jalito atau keindahan malam hari dari Puncak Bukit Shaduali waktu malam hari.

Kawasan Wisata alam Shaduali dengan puncak Indo Jalito-nya memliki prospek wisata alam yang luar biasa jika rencana pengembangan kawasan wisata alam ini terwujud sesuai dengan konsep yang sudah disusun, apalagi jika jalan lingkar yang direncanakan dapat direalisasikan terutama dengan adanya kesepakatan warga dua Jorong dimana Bukit Shaduali terletak. Bahkan di puncak Indo jalito sendiri akan menjadi tujuan wisata yang menarik bila rencana membangun restoran dan gelanggang budaya terwujud.
sisi lain dari pemandangan di  Puncak Indo Jalito

Selain indahnha  pesona alam di Puncak Indo Jalito , memperhatikan kontur dan struktur  alam kawasan wisata alam Bukit Shaduali memiliki potensi untuk dikembang dengan berbagai fasilitas wisata alam dan berpeluang menjadi tujuan wisata utama di Kab Tanah Datar selain tempat-tempat wisata lainnya di Kab Tanah seperti puncak Pato, Panorama Tabek Patah, dan lokasi wisata alam lainnya di kabupaten Tanah Datar.

Potensi besar yang dimiliki kawasan wisata alam Bukit Sidhuali dengan pesona Puncak Indo Jalito-nya dimana ketika berada di Puncak Indo Jalito pengunjung dapat menuaksikan. *(Catatan perjalanan Boy Yendra Tamin)
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 Dunia Hukum dan Budaya - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger