Skip to main content
Boy Yendra Tamin

follow us

Antara Tokoh Besar Dengan Generasi Sesudah Mereka

Sepertinya  patut dijadikan renungan apa yang dikemukakan Roberto M Unger (2011;1);

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tokoh-tokoh besar meninggalkan  beban bagi generasi sesudah mereka. Pencapaian mereka yang luar biasa di bidang politik, seni atau pemikiran, membuat generasi sesudah mereka  yang beroleh manfaat dari prestasi mereka, merasa tak berdaya karena tidak ada lagi persoalan yang benar-benar penting untuk diselesaikan. Terbesit pula perasaan bahwa peluang-peluang yang paling gemilang telah habis diselidiki dan diperas manfaatnya. Akibatnya, generasi penerus seakan-akan menghadapi dilema menjadi sekedar pelestari karya-karya agung yang diwariskan tokoh-tokoh besar, ataukah –berbekal hasrat akan kemandirian , tetapi kalah dalam kecermelangan – mengerucutkan ambisi secara drastis dan dengan keahlian teknisnya bertekat untuk menguasai satu bidang yang sempit.

Satu paragrap  dari Roberto M Unger seorang guru besar bidang hukum di Universitas Harvad  seperti dikemukakan di atas  menyiratkan banyak hal bagi generasi penerus.

Spesial Untuk Anda:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar