Skip to main content
Dunia Hukum

follow us

Perubahan Zaman dan Nilai Kehidupan

Menikapi Perubahan Zaman dan Nilai Kehidupan sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan

Perubahan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan takan pernah mampu menghapus nilai-nilai kehidupan yang hakiki dan nilai-nilai baik dalam kehidupan manusia, kecuali manusia itu sendiri yang mengingkarinya. Karena itu setiap kali kemunculan dalil "zaman sudah berubah" ketika orang membicarakan sebuah nilai kehidupan, kiranya jangan buru-buru mengambil kesimpulan dan bersetuju dengan nilai baru yang ditawarkan. Karena perubahan zaman sesungguhnya tidak ditujukan untuk menghapus atau meniadakan sebuah nilai kehidupan dan budaya baik dalam masyarakat.

Bahkan terhadap perubahan zaman itu sendiri seringkali orang berbeda pendapat. Ada yang mengatakan zaman itu tidak pernah berubah. Yang berubah itu adalah manusia itu sendiri. Jadi perubahan boleh terjadi asal kita tidak melupakan norma-norma yang ada dalam kehidupan ini. Sementara itu ada pula yang berpandangan zaman pasti berubah, manusia pasti berganti, tetapi yang tidak boleh berubah adalah norma-norma yang ada dalam kehidupan. Apa yang bisa disimpul dari soal perubahan zaman dan nilai kehudupan ? Sepertinya aka ada banyak jawaban.*

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar