Skip to main content
Boy Yendra Tamin

follow us

Situs Revolusi Mental Tumbang Meskipun Baru Diluncurkan

Meskipun baru diluncurkan hitungan hari, situs www.revolusimental.go.id tidak lagi bisa diakses. Tidak bisa diaksenya situs tersebut itu menjadi pemberitaan berbagai media cetak maupun elektronik. Ketika mencoba mengakses situs revolusimental itu, muncul tulisan yang pada intinya menyatakan “ Terima kasih atas saran dan masukannya terhadap web revolusimental.go.id. Sejak awal dalam melaksanakan setiap kegiatan, Kami menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, termasuk dalam membangun web revolusimental.go.id. Kami akan bekerja keras untuk memperbaikinya agar menjadi lebih baik. Maribersama-sama melakukannya..” Lebih jauh mengenai tumbangnya situs revolu simental itu, detiknews (28/8/1015) memberitakan;

Sudah 3 hari situs www.revolusimental.go.id tumbang, padahal situs itu baru diluncurkan Senin (24/8) dengan biaya ratusan juta. Menko PMK Puan yang meresmikan peluncuran situs itu tak mau berkomentar banyak.

"Itu ada deputi saya, tanya ke beliau," ucap Puan singkat usai melepas Satgas Sail Tomini di Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (28/8/2015).

Puan tak mau berkomentar lebih lanjut saat ditanya kembali soal komentar website revolusi mental yang tak bisa diakses itu. Dia lalu masuk ke mobil dan pergi.


Sebelumnya kantor Kemenko PMK menyebut biaya pembuatan website kisarannya yaitu maksimal Rp 200 juta. Tidak disebutkan berapa jumlah pasti anggarannya.

"Kami ingin meluruskan informasi yang berkembang terkait pembiayaan program pembuatan website revolusi mental yang dikabarkan telah menelan biaya Rp 140 miliar adalah tidak benar. Anggaran persiapan website dialokasikan maksimal Rp 200 juta," kata Sesmenko PMK Sugihartatmo dalam jumpa pers di Kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (27/8/2015) sore.

Sugihartatmo mengungkapkan memang ada nominal anggaran hingga RP 149 miliar, namun itu bukan untuk pembuatan website tetapi itu jumlah anggaran keseluruhan program revolusi mental di Kemenko PMK. penggunaan instrumen website hanya salah satu dari sejumlah program Gerakan Nasional Revolusi Mental. Program-program yang lain meliputi sosialisasi dan komunikasi publik, koordinasi pusat dengan daerah, kesekretariatan dan operasional.

Kemenko PMK mengaku penyebab situs www.revolusimental.go.id tak bisa diakses karena diretas atau di-hack. Pihak Kemenko PMK akan menggandeng Kemenkominfo untuk mengatasi masalah ini.

Meski diretas Kemenko PMK masih belum berniat untuk lapor polisi. Padahal tindakan peretasan merupakan bentuk kriminalitas yang seharusnya bisa dilacak dan ditindak oleh penegak hukum.

"Jadi begini, walau pun itu diretas, tetapi kami menanggapi positif bahwa dengan ini kami jadi sadar kalau situs yang kami buat belum aman. Maka itu pengamanan akan kami tingkatkan setelah ini. Ini situs Revolusi Mental, maka itu kami juga akan melakukan pendekatan positif pula," kata Sugihartatmo.

Jumat ini sekitar pukul 11.20 WIB detikcom mencoba mengakses situs revolusi mental. Hasilnya situs masih down dengan tulisan sebagai berikut:

Terima kasih atas saran dan masukannya terhadap web revolusimental.go.id. Sejak awal dalam melaksanakan setiap kegiatan, Kami menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, termasuk dalam membangun web revolusimental.go.id. Kami akan bekerja keras untuk memperbaikinya agar menjadi lebih baik. Mari bersama-sama melakukannya. (slm/nrl)

Sumber:news.detik.com/berita/3003750/situs-revolusi-mental-tumbang-sehari-setelah-diluncurkan-ini-kata-menko-puan

Spesial Untuk Anda:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar