Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo Belum Pernah ke Luar Negeri Selama 2,5 Tahun Jabat Menteri

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo selama menjabat Mendagri belum pernah ke luar negeri ! Setidaknya begitulah pengakuan Tjahjo seperti ditulis Puspen Kemendagri. Selengkapnya cerita Tjahjo Kumulo belum pernah keluar negeri itu ditulis di di website www.kemendagri.go.id, 19/2/2018.

Senin sore angin sepoi-sepoi di tepi Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Sore itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengajak wartawan yang ikut meliput acara pelantikan Penjabat Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi makan bareng. Hanya ditemani ajudan, tanpa dikawal staf protokol, Menteri Tjahjo langsung pergi menuju ke sebuah rumah makan.

Sayang, di rumah makan pertama yang didatangi, menu yang dicari habis. Sore itu, Tjahjo mengaku ingin makan seafood. Untungnya, ada wartawan lokal yang bertugas di Jakarta, dan kebetulan ikut juga dalam rombongan, menginformasikan ada rumah makan seafood lainnya yang tak kalah menarik.

"Ada Pak, rumah makan empang," kata wartawan itu.

Akhirnya, rumah makan empang di tepi Teluk Kendari yang dipilih.Dan, kebetulan menu seafood yang dicari masih tersedia. Sambil menunggu makanan datang, Tjahjo pun mengajak wartawan ngobrol ngalor ngidul. Wartawan juga banyak menanyakan berbagai isu. Salah satu yang ditanyakan, soal kunjungan ke luar negeri. Karena sepengetahuan para wartawan, Menteri Tjahjo sama sekali belum pernah melakukan kunjungan ke luar negeri.

Tjahjo mengakui, jika selama jadi Mendagri, ia belum pernah sekalipun ke luar negeri. Sambil tertawa, ia mengatakan, mungkin ini rekor tersendiri, menteri yang belum pernah ke luar negeri. Katanya, selama 2,5 tahun, waktunya banyak tersita untuk membahas undang -undang dengan DPR.
"Selama 2,5  tahun ini waktu habis untuk bahas UU," katanya.
Foto.dok:Humas Kemendagri

Alasan lain, sebagai Mendagri, ia merasa punya besar memastikan kondisi daerah aman dan terkendali. Takutnya, ketika ia izin keluar negeri, tiba-tiba di dalam negeri, khususnya di daerah muncul masalah yang perlu ditangani dengan cepat. Takutnya, kemudian Presiden dan Wakil Presiden menelpon dan menanyakan keberadaannya.

"Saya takut ada maslaah di daerah, ditelpon Presiden, Wapres,  ada dimana? Waduh kalau begitu, saya enggak enak, karena saya  yang bertanggung jawab," kata Tjahjo.

Padahal undangan untuk berkunjung ke luar negeri cukup banyak. Misalnya, selama jadi Mendagri, ia beberapa kali menerima kunjungan dari Mendagri negara lain. Menurut kebiasaan, biasanya ada kunjungan balasan. Dan Mendagri negara lain yangang datang berkunjung, memang mengundang dirinya untuk kunjungan balik. Tapi ia putuskan untuk tak memenuhi itu. Ia ingin fokus di dalam negeri saja.

"Undangan Malaysia, Jerman, Filipina, itu mengundang untuk pemilu Filipina. Jepang terkait  MoU  Damkar, Timor Leste, Belanda.  Amerika juga pernah mengundang sebulan keliling negara bagian. Susah. Ya waktu habis di DPR, bahas UU. Sekarang Pilkada serentak, persiapan  Pileg dan Pilpres, enggak mungkin tinggalkan (Indonesia)," katanya.

Sementara kalau berkunjung ke luar negeri, lanjut Tjahjo, misalnya ke Negara Eropa minimal harus berkunjung selama seminggu. Atau ke negara Asia, minimal waktu kunjungan selama dua atau tiga hari.

"Kalau undangan datang terus, Pas pergi, takutnya ada OTT KPK- lah. Makanya, Pak Sekjen Kemendagri lapor,  anggaran saya  keluar negeri, utuh," ujarnya.

Tjahjo juga mengungkapkan, kalau misalnya Presiden Jokowi berkunjung ke sebuah daerah, maka setelah itu ia akan berkunjung ulang ke daerah tersebut. Setidaknya memastikan apa yang jadi program nasional berjalan di daerah. Saat ditanya, apakah ada menteri lain yang juga belum pernah ke luar negeri, Tjahjo menjawab, " Wah kalau itu saya enggak tahu," katanya.

Tapi menurutnya, kalau pun hendak keluar Negeri, kata Tjahjo mungkin ia ingin pergi Malaysia. Misalnya, kalau ada undangan melihat pemilu di Malaysia.  Namun untuk saat ini, ia fokus di dalam negeri saja. Apalagi ada dua agenda politik besar yang dihelat di tahun ini, yakni Pilkada serentak dan tahapan Pileg dan Pilpres 2019.

"Kalau ditanya, saya jawab lagi sibuk dan padat. Ini lebih banyak saya beri izin keluar negeri ke kepala daerah,  eselon I. Kemarin Pak Sekjen ke Amerika. Dirjen Dukcapil keliling ke beberapa negara. Pak Teguh (Setyabudi) kemarin ke Amerika," kata Tjahjo.

Sumber:http://www.kemendagri.go.id/news/2018/02/19/rekor-belum-pernah-keluar-negeri-menteri-dalam-negeri

Baca Juga: