Skip to main content
Boy Yendra Tamin

follow us

Sekolah Kedinasan di Indonesia

Di Indonesia, terdapat beberapa sekolah kedinasan yang biasanya menjadi pilihan para calon pegawai negeri sipil atau PNS. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

STAN merupakan sekolah kedinasan yang fokus pada bidang akuntansi dan keuangan negara. Setelah lulus dari STAN, lulusan dapat menjadi pegawai di Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, atau lembaga keuangan lainnya.

Sekolah Polisi Negara (SPN)

SPN adalah sekolah kedinasan yang dibentuk untuk mendidik calon-calon polisi. Di Indonesia, terdapat beberapa SPN yang tersebar di berbagai daerah.

Sekolah Pelayaran Nasional (SPN)

SPN adalah sekolah kedinasan yang menghasilkan tenaga kepelautan untuk kapal-kapal milik pemerintah. Lulusan SPN bisa menjadi abk, perwira, atau inspektur di kapal-kapal milik pemerintah.

Akademi Kepolisian (Akpol)

Akpol adalah sekolah kedinasan yang membentuk perwira kepolisian. Calon mahasiswa Akpol harus lulus seleksi ketat dan ditempatkan di Akpol selama empat tahun.

Akademi Militer (Akmil)

Akmil adalah sekolah kedinasan yang membentuk perwira TNI. Selain Akpol, Akmil juga merupakan jalur untuk menjadi perwira TNI.

Institut Teknologi dan Ilmu Pelayaran (ITIP)

ITIP adalah sekolah kedinasan yang menghasilkan ahli teknologi dan ilmu pelayaran. Lulusan ITIP biasanya bekerja di instansi pemerintah yang berkaitan dengan keamanan pelayaran, seperti Kementerian Perhubungan atau Badan SAR Nasional.

Itulah beberapa sekolah kedinasan di Indonesia yang populer dan terkenal. Namun, masih banyak lagi sekolah kedinasan lainnya yang dapat menjadi pilihan untuk menjadi PNS.

Spesial Untuk Anda:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar