Pulau Laut ; Potensi Besar Yang Jauh Dari Jangkauan

Pulau Laut terletak dipusaran perairan  kaya sumberdaya minyak, sumberdaya perikanan dan kelautan serta sumberdaya wisata bahari
Catatan Harfiandri Damanhuri
Pascasarjana Universitas Bung Hatta, Padang

Nama pulau itu Pulau Laut. Sebuah pulau kecil Indonesia yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan (LCS), berjarak 1.200 km dari Jakarta, 835 km dari pusat pemerintahan Prov.Kep.Riau, berjarak 65 km dari Kota Ranai Natuna.

Pulau Laut adalah sebuah pulau yang berpenduduk yang berbatasan dengan laut luas dan berdampingan dengan pulau-pulau kecil diantaranya Pulau Sekatung, Pulau Samiun, Pulau Sebatul, Pulau Katul dan Pulau Senyut, pulau sangat kecil yang terbentuk dari bantuan merah dan batuan karang yang tidak berpenduduk.

Pulau ini merupakan lokasi yang disukai penyu hijau dan penyu sisik mendepositkan telurnya. Pada era 1980an telur penyu dapat terkumpul 1.000 butir/malam, pada 1990an hanya terkumpul 500 butir/malam, pada tahun 2005 hanya mampu dikumpulkan 200 butir/malam. Hasil ini mengindikasinya terjadinya penurunan jumlah populasi penyu yang bertelur di pulau kecil tersebut.

Baca jugaPulau Laut Dibatas Ujung Tengah Indonesia

Survei ke Pulau Laut bersama Tim Litbang KKP, dapat melihat dan merasakan langsung kehidupan masyarakat nelayan yang masih jauh dari kemajuan.

Sebenarnya gugusan Pulau Laut berada dipusaran perairan yang kaya dengan sumberdaya minyak, sumberdaya perikanan dan kelautan serta sumberdaya wisata bahari, terutama taman eko arkeologi maritim yang luar biasa potensi keindahan dan sejarahnya, salam conservasi (hd/ubh/litbangkp/kkp/03/02/2018).