Puncak Makau Duo di Nagari Guguak Malalo Tak Kalah Dari Puncak Langkisau

Sumatra Barat kaya akan tempat pariwisata seperti Puncak Langkisau yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan. Keindahan alam Puncak Langkisau membuat takjub setiap pengunjung yang datang. Dan tidak kalah menarik dibanding Puncak Langkisau, Puncak Makau Duo di Nagari Malalo Kab Tanah Datar juga objek wisata menakjubkan seperti menariknya Puncak Langkisay. Belakangan banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi Puncak Makau Duo dan membuat objek wisata ini dikenali para turis dari manca negara.

Di Makau Duo juga di temukan area para layang seperti di Puncak Langkisau, dan masyarakat Guguak Malalo juga bisa menyaksikan secara lansung tanpa harus keluar dari kampung halamannya. Di Nagari Guguak Malalo tempat pariwisatanya bukan hanya Makau Duo tetapi terdapat tempat pariwisata lainnya, tetapi masyarakat dan pemerintahan daerah belum bisa mengelolanyanya karena berbagai factor. Perjalanan ke Puncak Makau Duo tidaklah jauh, hanya memakan waktu 15 menit dari pusat Nagari Malalo dan itu pun tergantung pada kendraan yang kita naiki. Memang suasana jalan menuju ke Makau Duo kita banyak menemukan jalan mendaki dari pada jalan yang datar, sehingga mental dan fisik tubuh sangat di tanjakan.


Meski terasa penat, tetapi sesampai di Puncak Makau Duo semua rasa lelah di saat perjalan semuanya hilang karena di obati oleh keindahan pemandangan dari Puncak Makau duo. Embusan angin membuat rasa lapar dan kita pun tidak perlu bersusah payah mencari makan karena masyarakat sekitar banyak menjual makanan di Puncak Makau Duo dan liburan menjadi menyenangkan dan harganyapun sangat terjangkau. Di setiap 10 menit sekali para layang menunjukan kemampuannya yaitu dengan terjun layang. Para terjun layang menunjukan keahliannya juga di awasi oleh ahlinya. Starnya di Puncak Makau Duo dan lendingnya di lapangan bola kaki Jorong Baing. Ketinggiannya sangat menabjukan kalau di klihat dari atas puncak Makau Duo. Para wisata yang datang ke Puncak Makau Duo juga bisa ikut menaiki parasut bersama para layang tetapi harus membayar uang sebanyak 200 ribu rupiah. Dan para wisatawan bisa menikmati keindahan Nagari Malalo dari atas ketingan dasar darat. Puncak Makau Duo pernah di datangi oleh para terjun layang dari negara Jepang, dan mereka berkomentar Puncak Makau Duo sangat bagus untuk olah raga para layang.

Dari atas Puncak Makau Duo rumah penduduk masyarakat Nagari Malalo sangat terlihat jelas dan seluruh Danau Singkarak pun juga terlihat jelas dari Puncak Makau Duo. Zona jalan ke Puncak Makau Duo sangat bagusnya di saat musim kemarau di karenakan jalannya banyak di temukan tanah yang baru di datarkankan untuk jalan ke Puncak Makau Duo. Walau perjalanan ke Puncak Makau Duo berat, tetapi wisatawan yang datang tidak akan mengeluh apabila sudah melihat pemandangan dari atas Puncak Makau Duo.

Seandainya masyarakat Guguak Malalo dan pemerintahan daerahnya bisa mengandalkan dan mengelola tempat pariwisata Makau Duo tentu akan sangat membantu perekonomian masyarakat karena banyaknya para wisatawan yang berkunjung. Semoga ! (by andori loviputra/edt-byt)