Accident Lawyers Needed Everyone: A Hope in Indonesia

Accident lawyers are needed for everyone who is vulnerable to accident
Accident Lawyer di Indonesia tidak begitu populer dan lazimnya hanya dikenal lawyer saja. Artinya, di Indonesia belum tampak suatu profesi lawyer yang dijalankan untuk masalah spesifik  seperti  Accident Lawyer yang menangani masalah kecelakaan di negara-negara maju. Di Negara-negara maju publik biasanya selalu mencari the best accident lawyer.

Accident Lawyer adalah lawyer. Artinya, accident lawyer bukanlah profesi hukum yang berbeda dengan lawyer, melainkan merupakan istilah yang ditujukan bagi lawyer dengan bidang khususnya menangani masalah-masalah kecelakaan. Accident Lawyer itu ada tidak terlepas dari keahlian khusus dari seorang lawyer dari suatu bentuk persoalan-persoalan yang akan ditangani seorang lawyer dari sisi hukum.

Dari istilahnya, Accident Lawyer jelas menunjuk pada lawyer yang mengkhususkan diri pada masalah-masalah kecelakaan yang dihadapi seseorang. Bahkan diluar negeri, Accident Lawyer yang sudah khusus itu berkembang lagi dalam bentuk Accident Lawyer yang lebih khusus, misalnya Accident Lawyer yang mengkhususkan diri pada kecelaan mobil, kecelakaan medis dan lain-lain.

Di Indonesia, dalam terjadinya kecelakaan mobil mungkin tidak begitu menarik bagi seorang lawyer atau terkadang lebih dilihat dari aspek musibah dan cenderung dipahami sebatas kecelakaan lalu lintas saja. Tetapi tidak demikian di negara-negara maju, sebuah kecelaan mobil misalnya, Accident Lawyer akan memberikan perlindungan terhadap korban dari perlakuan yang tidak adil, termasuk juga soal kemungkinan pemberian asuransi yang tidak sesuai. Selain itu Accident Lawyer akan memberikan edukasi terhadap korban akan hak dan hak-hak istimewa mereka. Dan masih banyak hal lain yang dilakukan oleh seorang Accident Lawyer.

Artikel terkait:
Personal injury lawyer: Sebuah Harapan di Indonesia
- Syarat mejadi Lawyer (advokat) di Indonesia
- Law Firm dan Cara Mendirikan Law firm

Bahwa di Indonesia sebenarnya seorang lawyer dapat saja mendedikasikan dirinya sebagai Accident Lawyer, meskipun tidak harus dengan mendapatkan sertifikasi khusus. Akan tetapi seorang lawyer Indonesia menempatkan dirinya sebagai Accident Lawyer bertolak dari minat dan memperhatikan begitu tingginya angka kecelakaan di Indonesia mestinya mendapat penanganan secara hukum seperti pada negara-negara maju,  Accident Lawyer di Indonesia merupakan suatu ruang bagi para lawyer untuk menekuni masalah-masalah hukum spesifik dalam menjalan profesinya sebagai lawyer.

Keberhasilan seorang lawyer menjadikan dirinya sebagai Accident Lawyer tentu membutuhkan suatu pengetahuan khusus dan memimba pengetahuannya seputar masalah-masalah kecelakaan dan jenis dan dalalam bidang apa kecelakaan itu terjadi.

Seperti dikemukakan Hames, Anderson, Whitlow & O'Leary, PS, Accident Lawyer Kennewick (https://hawlaw.com, akses,30/01/2018), para Accident Lawyer  akan melakukan hal-hal sebagai berikut;
  • Investigating the cause and circumstances of your accident
  • Consulting with investigators, police officers, medical professionals, eyewitnesses, and expert witnesses
  • Meeting with other lawyers and advisors to strategize your case
  • Making phone calls to insurance companies, car manufacturers, and other common defendants
  • Researching similar cases from the past within your same jurisdiction
  • Keeping track of filing deadlines and turning in paperwork on time
  • Drafting demand letters, complaints, pleas, motions, interrogatories, and other litigation documents
  • Deposing witnesses
  • And much more
Dari beberapa hal yang dilakukan Accident Lawyer setidaknya tampak, seoorang lawyer untuk mendedikasikan diri sebagai Accident Lawyer tidak mudah dan memerlukan kemampuan lebih sebagaimana juga halnya pada lawyer yang mengkhuskan diri pada bidang hukum bisnis, kesehatan dan lain.(dh-1)

Baca Juga: