Menyusur Pelabuhan Perikanan Pantai Carocok Sampai Teluk Mandeh Kab Pesisir Selatan

Catatan Dr. Harfiandri Damanhuri, MSc

Menyusur Pelabuhan Perikanan Pantai Carocok Tarusan sampai Teluk Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat pagi itu, mengingatkan saya kembali ke sekitar 25 tahun lalu (1993/1994). Saya terlibat sebagai tim surveyor kajian Sosekbud tentang rencana Pendirian Pelabuhan Perikanan di Kab.Pesisir Selatan.


Ketika itu, saya dilibatkan sebagai salah seorang anggota di sekitar kawasan. Saya pernah menaiki salah satu rumah nelayan di Batu Kalang. Saya tidak tahu pasti siapa orang di rumah tersebut. Ternyata setelah menaiki rumah yang penghuninya lagi strees berat. Karena saya surveyor harus memenuhi data dan kuisioner yang diberikan kepada saya. Saya naik dengan salam, belum bertanya saya langsung diledek dengan ciracau yang saya ndak mengerti.

Saya melihat dia berdiri, bergerak, mengejar saya ke lokasi dimana saya berdiri. Dengan pakaian seadanya, kain sarung dan baju boksen dengan eksen khas pasisie serta rambut sedikit keriting gondrong dan gimbal. Secara bersamaan saya diteriaki oleh salah seorang tetangga depan rumah yang saya datangi, untuk saya harus segera turun dari rumah panggung tersebut.

Setelah survei aspek Sosekbud, saya berkesempatan mengelilingi Teluk Mandeh sampai ke Batu Buaya, Pulau Cubadak, Sungai Nyalo, dan desa sekeliling Nagari Tarusan yang dekat dengan rencana lokasi Pelabuhan Perikanan yang akan dibangun.

Setelah beberapa kali datang ke Teluk Carocok saya sampai juga diujung teluk TPI Carocok pagi tadi. Lokasi saya berdiri, viewnya begitu indah dengan potensi besar ikan teri, ikan tongkol, ikan selar, ikan ekor kuning dan ikan-ikan besar dan luar biasa jenis lainnya.

Ternyata teluk indah ini punya potensi perikanan yang besar dengan jumlah Kapal Bagan diatas 30 GT ; 28 unit selalu parkir dan mampir di TPI Carocok nan eksotik setiap pulang dari operasi penangkapan ikan.

Pada siangnya kami dapat menikmati makan dengan gulai ikan karang merah yang dimasak enak dan segar. Di negeri yang elok dan indah ini memiliki potensi besar akan ikan-ikan laut yang ekonomis dan berkualitas.

Semua didukung oleh ketangguhan nelayan yang bersungguh-sungguh berusaha untuk memanfaat segala potensi perikanan kelautan dan keindahan wisata bahari yang menawan dan mempesonan siapa saja yang datang ke ujung teluk tersebut, salam konservasi (hd/UBH/04/12/2018)